Ilustrasi MIUI 12.5 Enhanced Edition

Ini Daftar Ponsel Xiaomi yang Kebagian Update MIUI 12.5 Enhanced

wanovy | Teknologi | 31-08-2021

Xiaomi telah mengirimkan update MIUI 12.5 Enhanced ke sejumlah perangkatnya di China pada pertengahan Agustus lalu. Kabar baiknya, saat ini perusahaan besutan Lei Jun itu mulai menggulirkan update sistem operasi tersebut ke pengguna global.

Hal ini diungkap Xiaomi melalui sebuah postingan di situs resmi perusahaan. Dalam tahap pertama, hanya ada sembilan ponsel flagship Mi 10 dan Mi 11 yang bakal kebagian MIUI 12.5 Enhanced untuk pertama kali.

Dalam postingan di komunitas Mi Global, perusahaan mengatakan akan meluncurkan MIUI 12.5 Enhanced pada 9 model ponsel pada tahap pertama. Peluncuran ini akan diberikan pada kuartal IV-2021. Berikut adalah ponsel Xiaomi yang kebagian update MIUI 12.5 Enchanced :

  • Mi 11
  • Mi 11 Ultra
  • Mi 11i
  • Mi 11X Pro
  • Mi 11X
  • Mi 10T Pro
  • Mi 10T
  • Mi 10 Pro
  • Mi 10

MIUI 12.5 Enhanced Edition sendiri merupakan peningkatan dari MIUI 12.5, juga merupakan versi MIUI 12 yang diperbaharui. MIUI 12.5 belum sepenuhnya dikirimkan ke model yang memenuhi syarat di seluruh dunia.

Menurut Xiaomi, MIUI 12.5 Enhanced Edition membawa perbaikan untuk 160 masalah header sistem dan 224 masalah aplikasi sistem. Itu juga dilengkapi dengan pengoptimalan menyeluruh untuk kerangka kerja ke aplikasi.

Optimalisasi tersebut dibagi menjadi empat aspek yaitu Liquid Storage, Atomic Memory, Focus Calculation, dan Intelligent Balance.

Xiaomi juga menyebutkan, antarmuka terbarunya itu memiliki fitur "Atomized Memory", yang dapat mengoptimalkan penggunaan RAM sehingga memungkinkan ponsel menyimpan lebih banyak aplikasi di latar belakang.

Pengoptimalan lainnya, menurunkan penggunaan CPU hingga 15 persen dan mengurangi penggunaan daya hingga 8 persen dalam beberapa skenario penggunaan.

Ada pula fitur "Liquid storage" yang diklaim akan menjadi penyimpanan media dalam kondisi optimal sehingga memperlambat penuaan ponsel.

Xiaomi mengklaim, fitur ini memungkinkan ponsel hanya akan mengalami penurunan performa sebesar 5 persen saja, setelah penggunaan selama 3 tahun.

Terakhir ada fitur "Focused algorithms" yang dapat mengalokasikan sumber daya sistem berdasarkan skenario penggunaan. Menurut Xiaomi, fitur ini akan memastikan pengalaman pengguna lebih mulus saat menggunakan ponsel Xiaomi.

Xiaomi sendiri belum mengumumkan kapan ponsel Xiaomi di luar daftar sembilan ponsel itu, bakal kebagian update antarmuka MIUI 12.5 Enhanced ini.

Kendati begitu, jika ponsel Xiaomi kamu tidak ada dalam daftar di atas tidak perlu berkecil hati, kemungkinan Xiaomi akan memberikan MIUI 12.5 Enhanced pada batch selanjutnya.

Karena merupakan versi upgrade dari MIUI 12.5, MIUI 12.5 dijanjikan membawa sejumlah peningkatan. Salah satunya adalah konsumsi daya yang lebih rendah.

Tag : #teknologi   

Baca Juga