Sarana transportasi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan: Becak Makassar

Ini Pilihan Transportasi Buat Kamu yang Pergi Liburan ke Makassar

Wanovy | Travel | 10-01-2022

PARBOABOA, Makassar - Berwisata ala backpacker nampaknya sedang menjadi tren di kalangan mereka yang gemar travelling.

Untuk itu pengetahuan tentang angkutan umum atau sarana transportasi publik, tentunya menjadi bekal penting bagi mereka yang ingin berwisata nyaman dan aman dengan dana secukupnya. Nah, kali ini kita akan membahas sarana transportasi di Makassar.

Seperti diketahui, Makassar merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Sulawesi Selatan yang memiliki banyak daya tarik. Kota ini terkenal dengan potensi bahari, aneka kuliner tradisional, dan budaya etniknya.

Banyak tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi selama berkunjung ke Kota Makassar. Berikut kami rangkum aneka pilihan transportasi berkeliling kota, yang akan memudahkan kamu dalam mengeksplor kekayaan daerah ini.

Berikut informasi mengenai sarana transportasi murah yang ada di kota Makassar:

1. Pete-pete

Kamus Besar Bahasa Indonesia sudah memasukkan pete-pete sebagai kata baku, yang artinya kendaraan bermotor angkutan umum di dalam kota (Sulawesi Selatan).

Model kendaraan ini sama dengan umumnya angkutan kota di kota-kota besar lain berupa mobil mikrolet.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan Kota Makassar tahun 2011, ada 4.113 unit pete-pete di kota Makassar yang setiap hari beroperasi melayani 14 trayek dalam kota.

Kendaraan ini menjadi salah satu andalan warga Makassar dalam menempuh perjaanan di dalam kota.

Alat transportasi yang satu ini relatif mudah ditemukan baik siang atau malam hari. Jauh-dekat jarak tempuh ongkosnya Rp 4.500 sekali jalan.

2. Shuttle Bus

Bus Shuttle tersedia di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Bus ini dapat dinaiki secara gratis dengan rute terbatas yaitu dari bandara sampai ke Jalan Perintis Kemerdekaan saja.

Setelah itu, penumpang bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan kota (pete-pete) dengan tarif sekitar Rp5.000 untuk menuju pusat Kota Makassar.

3. Becak

Seperti halnya di Jawa, becak juga merupakan salah satu alat transportasi yang berkembang di kota Makassar.

Bentuknya tak beda jauh kecuali ukurannya yang sedikit lebih ramping. Pengemudi becak di Makassar biasa juga dipanggil 'Daeng' atau 'Daeng Becak' seperti panggilan pada umumnya yang populer dikota lain.

Untuk tarif becak tidak punya patokan khusus melainkan sangat bervariasi tergantung daya tawar kita dengan 'Daeng Becak' yang bersangkutan dalam kaitannya dengan jarak tempuhnya.

Umumnya becak dikota ini hanya digunakan untuk transportasi jarak dekat sekitar 2-5KM dengan tarif berkisar antara Rp.5000-15000.

Namun, tentunya itu tergantung dengan daya tawar menawar. Biasanya jika terlihat sebagai pandatang atau wisatawan, harga akan dipatok lebih mahal.

4. Betor

Bentor atau becak bermotor, sesuai namanya, bisa dibilang evolusi dari becak. Perubahan mendasar adalah alat kemudi yang tidak lagi dikayuh, melainkan dengan mesin sepeda motor.

Berbeda dengan yang biasa ditemukan di wilayah Sumatra, bentor di wilayah Sulawesi mendudukan penumpangnya di bagian depan. Oleh karena itu selalu waspada, apalagi jika sang pengemudi tampak ugal-ugalan dalam mengendarai bentornya.

Kendaraan ini juga cocok untuk perjalanan singkat jarak pendek. Namun, pemerintah Kota Makassar melarangnya beroperasi di jalan-jalan utama atau protokol.

5. Trans Mamminasata

Bus Rapid Transit (BRT) atau bus transportasi massal Trans Mamminasata mulai dioperasikan Perum Damri cabang Makassar sejak pertengahan 2015. Saat ini beroperasi di tiga koridor, dan segera menyusul koridor lainnya.

Trans Mamminasata bisa menjadi pilihan alternatif menikmati pemandangan dalam kota dengan suasana yang nyaman. Bus ini bisa menampung 70 orang dan dilengkapi sejumlah fasilitas seperti AC dan WiFi. Ongkosnya pun hanya Rp 5 Ribu per koridor.

6. Taksi

Dalam beroperasi, taksi yang ada di Kota Makassar tidak semuanya menggunakan mobil sedan melainkan ada juga yang menggunakan mobil MPV atau mobil keluarga dengan kapasitas yang lebih besar untuk menampung orang.

Salah satu brand taksi di Kota Makassar yang memiliki reputasi cukup baik adalah Bosowa Taxi. Jika kamu menggunakan taksi sebagai alat transportasi selama berada di Makassar, pastikan kamu menaikki taksi dengan argo ya.

7. Mobil Sewaan (Rent Car)

Jika kamu datang ke Kota Makassar bersama dengan keluarga atau rombongan, ada baiknya untuk menyewa mobil di rent car yang tersedia di bandara.

Mobil sewaan dapat memuat lebih banyak orang dan memiliki bagasi yang dapat mengangkut barang bawaan, sehingga menjadi lebih efektif dan efisien.

Tarif sewa mobil dari bandara ke Pantai Losari atau pusat Kota Makassar berkisar antara Rp120.000 sampai dengan Rp150.000.

Nah, itulah beberapa pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan sebagai referensi saat berlibur di Kota Makassar. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Tag : #wisata makassar    #makassar    #wisata    #transportasi makassar   

Baca Juga