iPhone 13 (Apple)

Ini yang Menjadi Keistimewaan iPhone 13

Wanovy | Teknologi | 16-09-2021

Belum lama ini Apple kembali memperkenalkan produk terbarunya, yaitu iPhone 13 dan iPhone 13 mini. Kali ini Apple menampilkan desain yang indah dengan tepi datar yang ramping dalam lima warna baru yang cantik.

“Kami mengandalkan iPhone setiap hari, itulah sebabnya kami membuat iPhone 13 dan iPhone 13 mini lebih bertenaga, lebih mumpuni, dan lebih menyenangkan untuk digunakan,” kata wakil presiden senior Apple untuk Pemasaran Seluruh Dunia, Greg Joswiak.

Jika dibandingkan dengan iPhone 12, iPhone 13 memang tidak memiliki perubahan yang drastis. Keempat model iPhone 13 terlihat memiliki desain dan ukuran layar yang sama dengan pendahulunya, tapi Apple mencoba memberikan peningkatan di fitur internalnya.

Model baru memang sedikit lebih berat dan ada pilihan warna baru, yaitu Pink, hitam (Midnight), putih (Starlight), biru dan Product [RED] di iPhone 13 dan iPhone 13 mini. Sedangkan warna baru untuk iPhone 13 Pro adalah Sierra Blue, yang menggabungkan opsi grafit, emas, dan perak.

Hal itu telah membuat perubahan terbesar dari iPhone 12, meskipun panel AMOLED yang digunakan dalam iPhone 13 memiliki ukuran yang sama dengan pendahulunya. Sebaliknya, Apple menjanjikan tampilan yang lebih cerah, yaitu 28 persen lebih terang dari layar iPhone 12 sebenarnya.

iPhone 13 dan 13 mini dapat menghasilkan kecerahan 800 nits sementara model iPhone 13 Pro menghasilkan hingga 1.000 nits. Apple juga menghadirkan layar yang lebih besar untuk keluaran iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, yang merupakan ponsel Apple pertama dengan layar ProMotion.

Selain itu, kamera juga menjadi titik perbedaan utama antara iPhone 13 dan iPhone 12, bahkan jika jumlah lensa tidak berubah dari satu ponsel ke ponsel lainnya.

Model iPhone 13 Pro menampilkan perubahan kamera yang lebih dramatis. Sensor utama lebih besar pada iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max untuk gambar cahaya rendah yang lebih baik, sedangkan lensa sudut ultrawide memiliki aperture f/1.8 yang lebih lebar.

Sedangkan pada lensa telefoto 77mm iPhone 13 Pro kini menawarkan zoom optik 3x, peningkatan dari zoom 2,5x yang ditemukan pada iPhone 12 Pro.

Dalam peluncuran iPhone 13, Apple pun menekankan performa baterainya yang diklaim lebih tahan lama. Ini merupakan salah satu fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna iPhone.

Apple mengatakan peningkatan daya tahan baterai di iPhone 13 bisa dicapai berkat desain ulang bagian internal yang memungkinkan mereka menggunakan baterai dengan kapasitas lebih besar. Selain itu mereka juga merancang chipset A15 Bionic agar penggunaan dayanya lebih efisien.

Fitur lainnya yang paling dinanti peminat iPhone adalah memori internal yang lebih besar. Apple pun meningkatkan kapasitas memori internal iPhone 13 menjadi 128GB, dan menawarkan opsi 1TB untuk iPhone 13 Pro tanpa menaikkan harganya.

Ada beberapa faktor yang diduga menjadi alasan Apple menonjolkan upgrade fitur kecil seperti ini. Salah satunya untuk menjaga momentum penjualan iPhone yang sangat tinggi dalam beberapa kuartal terakhir.

Tag : #teknologi    #apple    #iphone13    #smartphone    #ios   

Baca Juga