Wanita dengan motor matic (Foto: instagram @vespatangerang.id)

Jarang Diketahui, Inilah 7 Keunggulan Motor Matic

Sondang | Otomotif | 23-02-2022

PARBOABOA, Siantar - Keberadaan motor matic tentu sudah tak asing lagi di telinga kita. Meski baru dikenalkan pada tahun 2003-an, motor matic berhasil menjadi pemimpin kendaraan roda dua dengan penjualan terbanyak di Indonesia.

Bukan tanpa alasan, motor matic memang cenderung lebih nyaman dibanding motor lainnya apalagi ketika perjalanan jauh. Ditambah dengan harga yang terjangkau serta dibekali fitur-fitur yang tak dimiliki oleh motor lainnya.

Nah, berikut beberapa keunggulan motor matic yang perlu Anda ketahui.

1. Mudah untuk dikendarai

Kelebihan motor matic yang pertama adalah mudah untuk dikendarai. Bagi orang yang tidak menyukai motor bebek atau motor kopling, motor matic menjadi jawabannya.

Untuk mengendarai motor matic, pengendara hanya perlu memutar gas dan motormu pun bisa berjalan, tanpa harus repot-repot memikirkan perpindahan transmisi dengan menginjak atau menekan kopling.

2. Gesit dan lincah

Lanjut, bodinya yang kecil dan cenderung ringan merupakan suatu alasan mengapa kamu harus memilih motor matic. Hal ini membuat kendaraan tersebut sangat asyik digunakan untuk berkendara di jalanan yang sedang macet. Pengendara dapat dengan mudah menyusup atau menyelip di tengah-tengah kendaraan yang lagi sehingga membantumu cepat dalam mencapai tujuan.

3. Desain yang menarik

Desain dari motor matic juga seringkali menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon konsumen. Dibandingkan motor lainnya, motor matic terkesan lebih memiliki banyak varian tampilan. Sehingga, pengendara tidak pusing dengan pilihan yang itu-itu saja.

4. Kapasitas bagasi yang besar

Motor matic umumnya dibekali dengan bagasi yang berkapasitas besar. Hal ini tentu sangat membantu terutama bagi para pengendara yang kerap membawa banyak barang bawaan. Selain helm, Anda juga bisa menyimpan barang lain seperti tas, jaket, dompet, sandal hingga sepatu sekali pun.

5. Nyaman untuk dikendarai

Kelima, kelebihan motor matic yang selanjutnya terletak pada dashboard yang bisa digunakan sebagai pijakan saat berkendara. Sehingga, ini akan meningkatkan kualitas pengalaman berkendaramu menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

6. Spare part yang mudah didapat

Tak hanya itu, pengendara motor matic tak perlu bingung jika mengalami kerusakan atau ingin mengganti spare part motor. Sebab, spare part motor matic kini dapat dengan mudah ditemukan di setiap bengkel maupun toko-toko otomotif.

7. Kapasitas mesin yang bervariasi

Terakhir, bentuk bodi motor matic yang beragam membuat kapasitas mesinnya pun juga bermacam-macam. Beberapa produsen motor matic menawarkan kapasitas mesin mulai dari 110 cc, 125 cc hingga 150 cc. Bahkan kini ada juga lho motor matic dengan kapasitas mesin yang mencapai 400 cc!

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, motor matic pun sangat direkomendasikan bagi para wanita. Alasannya, pengendara wanita seringkali kurang hati-hati saat mengendarai motor, terutama saat akan melakukan manuver dan saat mengoperasikan lampu sein.

Ditambah, pengendara wanita sering lupa mematikan lampu sein setelah digunakan, sehingga selama perjalanan lampu sein terus menyala.

"Hal ini biasanya disebabkan karena pengendara wanita tidak memperhatikan dashboard motor, karena terlalu fokus pada jalan yang dilalui," kata Head of Safety Riding Promotion Wahan Agus Sani.

Maka dari itu, motor matik bisa jadi satu pilihan yang aman untuk pengendara motor wanita. Karena, fokus pengendara tidak terbagi ke proses perpindahan transmisi dan sebagainya, namun cukup pada gas, rem dan area pandangan ke depan.

"Bagi sebagian pengendara wanita, memang lebih nyaman menggunakan motor tipe matik. Karena, selain pengoperasian yang mudah, motor matik juga lebih nyaman digunakan," tutupnya.

Tag : #sepeda motor    #motor matic    #otomotif   

Baca Juga