Member Chelsea

Resmi Dijual, Inilah Daftar 5 Calon Pembeli Chelsea

Sondang | Sepakbola | 03-03-2022

PARBOABOA, Siantar - Roman Arkadievich Abramovich resmi bakal menjual Chelsea. Hal itu tertuang dalam pernyataan Abramovich yang diunggah lewat situs resmi klub pada Kamis (3/3) dini hari WIB.

Agresi militer Rusia ke Ukraina menjadi salah satu penyebab Abramovich harus menjual Chelsea, terlebih dia dikenal dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Tak hanya itu, Abramovich juga dituduh melakukan korupsi dan penyuapan agar dirinya mempunyai pengaruh politik. Karena hal-hal tersebut, beberapa pihak mendesak pemerintah Inggris untuk memberikan sanksi agar aset Abramovich di Inggris disita.

Aset tersebut adalah Chelsea dan rumah seharga 152 poundsterling atau Rp2,9 triliun serta Flat yang ada di Kawasan London. Karena adanya ancaman sanksi ini, Roman Abramovich pun memutuskan untuk menjual Chelsea.

Dalam laporan Mirror, taipan asal Rusia itu akan melepaskan Chelsea dengan bayaran minimal 4 miliar poundsterling atau setara dengan Rp76 triliun. Kenaikan harga fantastis yang diklaim berdasarkan prestasi Chelsea di berbagai kompetisi.

Meski demikian, sederet pengusaha bahkan atlet petarung bebas (MMA), Conor McGregor dikabarkan tertarik untuk memberi tawaran kepada Abramovich. Menurut laporan The Sun, setidaknya ada lima kandidat yang bakal membeli The Blues. Berikut ulasannya:

1. Jim Ratcliffe – Inggris

Jim Ratcliffe adalah orang terkaya di Inggris sejak 2018 lalu dengan total harta bersih mencapai Rp231 tiliun. Namun, jumlah kekayaannya telah jauh menurun dalam beberapa tahun terakhir.

Ratcliffe merupakan seorang pengusaha di bidang pembangkit tenaga kimia yang membangun perusahaan bernama Ineos Group yang memiliki pendapatan sebesar Rp866 triliun.

Dia merupakan salah satu penggemar berat Manchester United. Namun, pria yang mendapat gelar bangsawan itu menilai bahwa Setan Merah memiliki bisnis yang buruk.

Pria berusia 69 tahun ini juga sebelumnya telah memiliki saham di klub Prancis, Nice, dan memiliki tim sepeda Ineos Grenadiers. Kini sosok miliarder Inggris tersebut dikabarkan tertarik untuk mengakuisisi Chelsea.

2. Stephen Ross - Amerika Serikat

Kemudian ada Stephen Ross yang turut hadir dalam antrean pembelian klub Chelsea. Ia merupakan miliarder yang memiliki total kekayaan hingga Rp115 triliun.

Dia menjadi sosok terkaya kedua setelah Jim Ratcliffe dalam daftar kandidat pembeli Chelsea saat ini. Ross memiliki usaha di bidang Real Estate yang dibangun sejak 1972 silam.

3. Hansjorg Wyss – Swiss

Lanjut, Wyss adalah miliarder asal Swiss yang juga tertarik dalam perburuan saham Chelsea. Dia menjadi sosok tertua yang ikut mengantre dalam pembelian The Blues.

Wyss memiliki usaha yang bergerak di bidang medis bernama Syhntes USA. Perusahaannya menjadi yang terbesar di dunia karena memproduksi sekrup dan cakram bening untuk pasien patah tulang.  Jika benar-benar terwujud maka Chelsea akan menjadi klub pertamanya. Sebab, Wyss sejauh ini belum pernah berkecimpung di dunia bisnis olahraga.

4. Todd Boehly - Amerika Serikat

Lalu Todd Boehly yang merupakan pemilik klub basket, LA Lakers dan LA Dodgers ini pun dikabarkan berminat untuk membeli saham Chelsea. Dia sempat datang untuk memboyong Chelsea dengan harga Rp57 triliun pada 2019. Namun, tawaran Boehly saat itu ditolak oleh Abramovich.

Boehly merupakan pengusaha yang bergulat di bidang investasi swasta bernama Elridge Industries. Pengusaha asal Amerika Serikat ini dikenal sering menyumbangkan kekayaannya dalam badan amal dan pendidikan.

5. Conor McGregor – Irlandia

Terakhir, Conor McGregor yang merupakan petarung MMA asal Irlandia juga dikabarkan tertarik dalam pembelian saham Chelsea. Dia mengaku sanggup membayar hingga Rp57,5 triliun kepada Abramovich.

Sepak bola bukan dunia yang asing bagi mantan UFC itu. Sebab, McGregor pernah bermain untuk klub lokal Lourdes Celtic ketika dirinya masih belia di Irlandia.

"Saya berharap bisa mengembangkan ini. @ChelseaFC," tulis McGregor di akun Twitter-nya, sambil mengunggah foto percakapan di WhatsApp yang merujuk ke pembelian.

Itulah perkenalan singkat para calon pembeli Chelsea.

Tag : #chelsea    #abramovich    #jim ratcliffe    #stephen ross    #hansjorg wyss    #todd boehly    #conor mcgregor    #rusia    #ukraina   

Baca Juga