Ilustrasi hacker. (dok e-propethic.com)

Pemerintah China Disebut Sponsori Hacker Untuk Susupi Data Negara Asia Tenggara

Rini | Internasional | 11-12-2021

PARBOABOA, China - Sebuah laporan dari perusahaan siber swasta Insikt Group di Amerika Serikat, mengklaim bahwa kelompok hacker China yang diduga dibiayai negara, melakukan peretasan sejumlah organisasi pemerintah dan sektor swasta di seluruh Asia Tenggara.

Disebutkan juga bahwa target peretasan tersebut adalah negara-negara yang terlibat dalam proyek pembangunan infrastruktur yang melibatkan perusahaan China. Indonesia, Malaysia, dan Thailand adalah target utama dalam peretasan ini. Selain itu, Myanmar, Filipina, Laos, Thailand, Singapura dan Kamboja juga menjadi target.

Beberapa target spesifik yang dijelaskan dalam laporan tersebut adalah Kantor Perdana Menteri Thailand dan Tentara Thailand, Angkatan Laut Indonesia dan Filipina, Majelis Nasional Vietnam dan Kantor Pusat Partai Komunisnya, serta Kementerian Pertahanan Malaysia.

Insikt mengatakan bahwa peretasan tersebut telah berjalan selama sembilan bulan terakhir. Peretas telah menyusupi organisasi militer dan pemerintahan di Asia Tenggara dengan menggunakan malware khusus seperti FunnyDream dan Chinoxy. Program malware khusus itu tidak tersedia untuk umum dan biasanya digunakan oleh kelompok yang disponsori pemerintah Cina.

Insikt mengklaim bahwa peretasan tersebut berkaitan dengan tujuan ekonomi dan politik pemerintah China.

"Kami yakin aktivitas ini sangat mungkin disponsori negara sebagai upaya penyusupan jangka panjang terhadap target penting politik dan pemerintah sesuai dengan aktivitas mata-mata di dunia maya, dan teridentifikasi punyai kaitan dengan kegiatan yang disponsori negara China," kata Insikt, melansir Taipei Times.

Tidak ada tanggapan dari pemerintah China mengenai tuduhan yang dilayangkan oleh Insikt ini. Sebelumnya pihak berwenang China selalu membantah segala bentuk peretasan yang disponsori negara dan menyebut China juga merupakan target serangan siber.

Tag : #china    #amerika    #china biayai hacker    #laporan insikt group    #internasional   

Baca Juga