Inspirasi bunga gantung di teras rumah

Inspirasi Bunga Gantung di Teras Rumah Kekinian

Wanovy | Rumah | 02-03-2022

PARBOABOA - Merasa teras rumah terlalu lowong dan terlihat sepi? Selain menata teras rumah unik cantik, kamu juga bisa mempercantiknya dengan memelihara bunga gantung di teras rumah lho.

Memajang bunga gantung di teras rumah bisa memberikan nuansa asri, nyaman sekaligus indah dipandang oleh mata manusia. Bunga yang digantung di teras rumah juga mampu menjadi alternatif bagimu yang tak memiliki lahan luas untuk membuat nuansa rumah terasa hijau dan sejuk.

Bagi kamu yang berencana memajang bunga gantung di teras rumah, berikut ini ada 10 jenis pilihannya yang bisa menjadi gambaran untukmu.

1. Verbena

(Sumber: Evanto Elements)

Model bunga gantung di teras rumah yang pertama adalah Verbena. Tanaman cantik dengan pilihan 250 varietas ini dipercaya dapat menghilangkan stres dan mengundang kupu-kupu untuk mampir ke teras kamu.

Verbena termasuk tanaman membutuhkan sinar matahari yang cukup, setidaknya sampai 10 jam sehari. Inilah kenapa dia cocok diletakkan di teras rumah.

2. Petunia

(Sumber: gardentabs.com)

Nggak cuma di Indonesia, bunga petunia sudah populer menjadi model teras bunga gantung di teras rumah di berbagai belahan dunia sejak zaman dahulu.

Bunga ini pas banget dengan iklim tropis yang cukup stabil sehingga umurnya akan lebih lama jika dipelihara di Indonesia.

Oleh karena itu, nggak usah ragu lagi memajang bunga gantung di teras rumah yang satu ini untuk jadi andalan tanaman cantik peliharaanmu!

3. Lobelia

(Sumber: tamanbenih.com)

Bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu merawat tanaman setiap hari, bunga lobelia adalah jenis tanaman hias gantung yang mudah tumbuh subur di berbagai musim. Selain itu, juga tidak memerlukan banyak perawatan.

Kamu cukup menanamnya dengan cara menabur bibit lobelia di dalam tanah seperti menanam biasa.

Jika berhasil, pucuk tanaman hias gantung ini akan muncul dan kamu bisa memindahkannya pada pot untuk digantung. Gantung di teras untuk mempercantik tampilan rumah.

4. Silver Hair

(Sumber: tanaman.hias)

Silver hair adalah jenis tanaman atau bunga gantung di teras rumah minimalis yang biasa ditemui di dataran tinggi maupun dataran rendah.

Saat dewasa, panjang daun silver hair akan berjuntai keluar dari potnya hingga 1 meter. Tanaman satu ini memiliki daun hijau yang terkombinasi warna perak dengan tangkai batang yang lunglai menggantung, sehingga biaa menampilkan teras yang penuh akan tanaman

5. Begonia

(Sumber: RoomMe)

Jenis bunga gantung di teras rumah berikutnya adalah Begonia. Begonia adalah genus dari tanaman berbunga abadi dalam keluarga Begoniaceae. Jenis bunga hias gantung ini terkenal karena bentuknya yang padat serta bentuk dari bunga hingga daunnya terlihat indah.

Terdapat hingga 1.500 jenis Begonia yang berasal dari Amerika, Afrika dan Asia Tenggara. Jenis bunga hias gantung Begonia juga cocok untuk ditanam di iklim tropis atau sub-tropis, termasuk Indonesia.

Begonia sebagai pilihan bunga gantung di teras rumah ini digemari sebagai bunga hias di beranda ataupun rumah karena bentuk daunnya yang padat dan ornamental.

Rupa dedaunan jenis bunga hias gantung Begonia biasanya asimetris dan memiliki variasi warna yang memikat. Jenis tanaman hias gantung ini juga sudah kerap dijadikan sebagai hadiah.

6. Spider Plant

(Sumber: doorflip.com)

Tanaman dengan nama latin Chlorophytum comosum ini merupakan salah satu bunga gantung di teras rumah yang membutuhkan banyak paparan sinar matahari untuk tumbuh dengan baik.

Spider plant akan tumbuh merambat dengan ujung tangkai yang dihiasi bunga cantik berwarna putih.

7. Anggrek

Sangat sedikit orang yang bisa menolak kecantikan bunga anggrek. Kamu juga dapat memilih beragam varietas anggrek sebagai bunga gantung di teras rumah.

Anggrek bisa ditanam di iklim tropis Indonesia dan kamu nggak perlu khawatir menaruhnya di teras karena bunga ini tahan panas.

Supaya bunga anggrek tetap bertumbuh subur, terapkanlah cara merawat anggrek yang tepat. Nggak perlu waktu lama, pasti bakal banyak tetangga yang berkunjung ke hunianmu hanya untuk memandangi bunga gantung di teras rumahmu yang menawan tersebut.

8. Geranium

Mau memajang bunga gantung di teras rumah yang nggak cuma cantik sebagai hiasan, tapi punya fungsi lain? Coba deh pilih bunga geranium! Bentuk dan warna bunga geranium sangat cantik, yaitu antara merah dan ungu.

Adapun, manfaat lain dari bunga geranium ini adalah efektif mengusir nyamuk sehingga bisa menjadi tanaman pengusir nyamuk.

Namun, ada yang perlu diperhatikan ketika memilih bunga geranium sebagai bunga gantung di teras rumah. Taruhlah geranium di area yang tidak langsung terpapar matahari karena bunga ini kurang tahan panas.

9. Blaster Heart

(Sumber: Mega Insurance)

Seperti namanya, tanaman gantung di teras rumah bernama Sirih Blaster Heart ini memang masih keluarga daun sirih. Daunnya yang berbentuk hati ini punya tekstur yang lebih licin dibanding daun sirih yang biasa kita temui ditanam di halaman luar rumah.

10. Jenggot Putih

(Sumber: tanaman.hias)

Tanaman gantung jenggot putih atau Spanish Moss adalah tanaman yang biasa tumbuh di pepohonan.

Bentuknya seperti rumput atau tali kusut yang menjuntai ke bawah, biasanya kalau di alam liar, burung menggunakannya untuk membuat sangkar, tapi laba-laba juga suka nih jadi penghuni tanaman jenggot putih.

Inspirasi lainnya adalah kamu bisa memilih tanaman gantung yang bermanfaat yang ditaruh di material barang bekas.

Sebenarnya, harga bunga gantung di teras rumah tidak mahal dan kamu bisa menggunakan barang bekas, pastinya hemat.

Nah, itulah beberapa inspirasi bunga gantung di teras rumah yang bisa jadi pilihan kamu untuk mempercantik bagian depan rumah. Semoga bermanfaat!

Tag : #rumah    #hiasan rumah    #bunga gantung    #teras rumah   

Baca Juga