Ilustrasi

Instagram Buat Fitur Buat Orangtua untuk Awasi Anak

Wanovy | Teknologi | 17-03-2022

PARBOABOA - Instagram menghadirkan fitur yang memungkinkan orangtua memantau penggunaan aplikasi oleh anak.

Alat yang disebut Parental Supervision ini dapat digunakan untuk memantau dan membatasi penggunaan Instagram oleh anak-anak.

Untuk saat ini, fitur Parental Supervision baru tersedia untuk para orangtua di Amerika Serikat (AS). Namun Instagram berencana untuk meluncurkan fitur serupa secara global dalam beberapa bulan mendatang.

Dalam praktiknya, fitur ini memberikan orangtua kemampuan untuk mengetahui seberapa lama anak-anak menghabiskan waktu di Instagram.

Mereka juga dapat melihat siapa saja pengguna yang diikuti (follow) maupun mengikuti (followed by) akun Instagram anak.

Parental Supervision ini juga memungkinkan orang tua melihat dan menerima pembaruan terkait, siapa saja pengguna yang mengikuti atau diikuti akun anaknya.

Alat pengawas Instagram ini adalah bagian dari situs baru Meta, yang disebut Family Center.Ini adalah pusat kontrol yang dapat dimanfaatkan orang tua untuk memantau apa yang dilakukan anak-anaknya di platform.

Nah, fitur Instagram adalah yang pertama untuk pengawasan tersebut. Nantinya, perusahaan bakal memperkenalkannya di platform lain, seperti Facebook, dalam beberapa bulan ke depan.

Fitur ini sendiri ditujukan agar orang tua memiliki akses yang mudah dalam satu tempat, untuk mengawasi bagaimana anak-anak menggunakan aplikasi Meta termasuk Instagram.

"Kami menyediakan alat pengawasan ini dalam Family Center baru. Kami bekerja dama dengan para ahli, orangtua, wali dan anak-anak remaja untuk mengembangkan Family Center, yaitu tempat baru bagi orang tua untuk mengawasi akun anak mereka pada layanan/aplikasi Meta," kata Mosseri dalam postingan blog sebagaimana dikutip dari situs web Meta, Kamis (17/3/2022).

Nantinya, Family Center juga akan tersedia untuk layanan Meta lainnya, seperti headset dan platform virtual reality (VR) Oculus.

Fitur pengawasan ini akan tersedia dalam aplikasi Instagram versi mobile atau tablet. Sementara orangtua atau orang dewasa dapat mengawasi akun anak melalui aplikasi Instagram versi mobile maupun situs web.

Namun praktik pengawasan ini juga harus dengan persetujuan anak. Jadi, anak-anak akan menerima notifikasi untuk menerima pengawasan dari orangtua.

Tag : #instagram    #fitur baru    #parental supervisor   

Baca Juga