Logo Pornhub. (Foto: dok. TechCrunch)

Instagram Blokir Akun Pornhub Secara Permanen

Desy | Teknologi | 29-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – Instagram memblokir akun instagram milik Pornhub secara permanen pada Selasa (27/09/2022). Hal itu dikonfirmasi oleh juru bicara Meta (induk perusahaan Instagram).

"Kami telah menonaktifkan akun Instagram ini (Pornhub) secara permanen karena berulang kali melanggar kebijakan kami," kata juru bicara Meta.

Dilansir laman TechCrunch Kamis (29/9/2022), Meta mengklaim bahwa selama dekade terakhir, akun yang memiliki sekitar 13,1 juta pengikut (followers) dengan 6.200 postingan per awal September ini, telah berulang kali melanggar persyaratan layanannya terkait konten vulgar, konten dewasa, dan ajakan seksual.

Sebelum diblokir permanen, Instagram sudah lebih dulu menangguhkan akun Instagram Pornhub pada Juni 2021, tetapi kembali dipulihkan dalam waktu kurang dari satu hari. Kemudian pada tahun 2022 ini, akun Instagram tersebut telah diblokir selama tiga minggua sebelum kembali aktif. Hingga akhirnya Instagram memblokir permanen akun tersebut per 27 September 2022.

Menanggapi keputusan Instagram, pihak Pornhub melayangkan surat protes di Twitter. Mereka menilai jika kebijakan Meta dan Instagram tidak jelas, diskriminatif, dan munafik.

"Pekerja seks dan artis telah ditargetkan secara tidak adil dalam bentuk larangan, penangguhan, hilangnya hak istimewa untuk Live, dan penghapusan konten, meskipun berhati-hati untuk tidak melanggar Pedoman Komunitas Instagram," tulis Pornhub di twitter.

Bagi mereka, pihak Meta tidak memiliki alasan yang masuk akal untuk menonaktifkan akun Pornhub yang sudah terverifikasi oleh Instagram.

"Kami menuntut penjelasan dan panduan mengapa akun kami terus-menerus dihapus, dan mengapa konten yang kami habiskan untuk menciptakan interaksi dengan audiens kami dihapus, bahkan ketika kami tidak melanggar aturan apa pun di Instagram," tandas Pornhub.

Meta disebut menghalangi bisnisnya dengan terus menghapus, membungkam, dan menyensor keberadaan pekerja seks dan merek dewasa.

Pornhub menuntut perlakuan yang adil, di mana masih banyak artis yang memamerkan foto vulgar di Instagram, namun tidak mendapat tindakan yang serupa.

"Kim Kardashian telah memposting pantatnya yang sepenuhnya terbuka ke 330 juta pengikutnya tanpa tindakan pembatasan dari Instagram," ungkap mereka.

Tag : #instagram    #pornhub    #teknologi    #meta    #tech crunch   

Baca Juga