Instagram Hapus Swipe Up, Facebook Kembalikan Fitur Video Call di Aplikasi Utama

rini | Teknologi | 25-08-2021

PARBOABOA, Jakarta - Facebook melakukan uji coba pemasangan kembali fitur panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi utama tanpa harus memasang aplikasi Messenger.

Sebelumnya pada 2014 Facebook secara resmi mengeluarkan fitur Messenger, dan menjadikannya sebagai aplikasi mandiri. Selama ini untuk mengirim pesan, melakukan panggilan suara dan video penguna harus lebih dulu membuka aplikasi Messenger.

Facebook mengonfirmasi  bahwa mereka sedang menguji panggilan suara dan video di beberapa negara, termasuk AS.

Untuk pengalaman perpesanan, audio, dan panggilan video berfitur lengkap, orang harus terus menggunakan Messenger.

Instagram dikabarkan berencana untuk menghapus fitur Swipe Up mulai 30 Agustus mendatang. Fitur yang selama ini banyak digunakan oleh kalangan atau kreator untuk mengunjungi halaman situs eksternal dengan mengusap layar dari bawah ke atas pada Story yang diunggah pengguna lain.

Swipe Up hanya bisa digunakan penguna yang mempunyai lebih dari 10 ribu followers.

Setelah menghapus fitur Swipe Up, Instagram mengatakan, orang nanti bisa menggunakan stiker tautan. Stiker ini dapat diketuk dan akan membawa orang ke situs web eksternal.

Perusahaan mengatakan digantinya swipe up dengan stiker dimaksudkan agar menyederhanakan tampilan Stories.

Perbedaan utama antara kedua fitur tersebut, selain dari perbedaan gerakan yang jelas, adalah pemirsa dapat menanggapi cerita yang memiliki stiker tautan, tetapi tidak dapat menanggapi cerita yang digesek ke atas.

Namun, Instagram masih akan mengevaluasi efektivitas dari fitur stiker sebelum diluncurkan kepada pengguna.  

Tag : #teknologi   

Baca Juga