Ilustrasi

Instagram Luncurkan 2 Fitur Baru, Goyang Ponsel dan Hapus Foto Carousel

Wanovy | Teknologi | 20-11-2021

Sebagai salah satu platform media sosial paling populer di dunia, Instagram tidak lelah untuk mendengarkan aspirasi dari para penggunanya. Hal ini dilakukan dengan berbagai pembaruan secara kontinyu pada aplikasinya.

Lewat video yang dibagikan di Twitter pada Kamis (18/11/2021), pimpinan Instagram, Adam Mosseri (@mosseri), mengumumkan bahwa Instagram bersiap untuk merilis dua fitur baru demi meningkatkan pengalaman para penggunanya. Dua fitur ini digadang-gadang paling dinantikan. Apa saja?

Fitur pertama yang diumumkan adalah "Rage Shake". Sesuai namanya, Rage shake memungkinkan pengguna Instagram menggoyang ponselnya untuk melapor jika mengalami masalah di aplikasinya dengan lebih cepat.

Misalnya, jika kamu menggunakan aplikasi dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya, goyangkan ponsel saat aplikasi terbuka dan pop-up akan keluar di layar ponsel dengan pertanyaan, "Apakah ada masalah?"

Kemudian, pengguna bisa menyampaikan masalah yang dialami dengan mengetuk tombol "laporkan masalah".

Mosseri menjelaskan fitur Rage Shake akan memberikan masukan kepada Instagram yang membantunya memprioritaskan perbaikan bug. Demikian sebagaimana dilansir The Verge, Kamis (18/11/2021).

"Kamu dapat menjelaskan dengan tepat apa yang terjadi, bagaimana masalah bisa terjadi, dan semua emosi dan perasaan yang kamu alami, dan kami akan meminta seseorang untuk memeriksanya," ujar Mosseri memaparkan.

Fitur kedua adalah kemampuan untuk menghapus foto dari carousel, atau kumpulan video dan foto yang diunggah ke Instagram. Salah unggah foto atau ingin menghapus kenangan masa lalu? Kamu bisa melakukannya sekarang!

Carousel sendiri adalah jenis unggahan di feed Instagram yang terdiri dari beberapa foto atau video (multiple slide foto). Sebelumnya, jika ada satu foto atau video yang ingin dihapus setelah diunggah, pengguna harus menghapus keseluruhan posting carousel termasuk semua foto dan video di dalamnya.

Untuk menggunakannya, pengguna Instagram bisa mengedit (ikon tiga titik pada kanan atas foto) carousel foto atau video, lalu memilih foto dan video yang ingin dihapus, dan menyentuh ikon hapus berupa "tong sampah" pada foto atau video tersebut untuk menghapusnya.

Sayangnya, fitur hapus foto carousel sementara ini hanya hadir di perangkat iOS. Namun semua pengguna, baik iOS dan Android, bisa menggoyangkan ponsel untuk melaporkan masalah di Instagram.

Kendati begitu, kedua fitur anyar ini pun baru hadir untuk pengguna Instagram di Amerika Serikat.

Tag : #instagram    #fitur baru    #goyang ponsel    #hapus foto carousel   

Baca Juga