Instagram Luncurkan Fitur Notes, Begini Cara Pakainya

Penulis : Wanovy | Teknologi | 14-12-2022

Fitur Notes Instagram, foto: Instagram

PARBOABOA - Instagram meluncurkan sejumlah fitur baru untuk memudahkan penggunanya berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat dekat. Salah satu fitur yang bisa dibilang paling menarik adalah Notes.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengunggah postingan status sederhana yang hanya berisikan teks dan emoji dengan jumlah maksimal 60 karakter.

Sebelumnya, fitur Instagram Stories sebenarnya bisa membuat postingan yang berisi teks dan emoji, selain postingan berisi foto atau video.

Bedanya di Notes, fitur tersebut tidak akan melibatkan foto atau video, dan pengguna hanya bisa memakai teks atau emoji dengan jumlah karakter terbatas, layaknya unggahan di media sosial Twitter.

Fitur Notes juga sudah menyertakan emoji untuk membuatnya semakin interaktif ketika berkomunikasi. Hanya akun yang saling mengikuti yang bisa melihat postingan melalui fitur ini.

Selain postingan berisi foto atau video, fitur Instagram Stories bisa membuat postingan yang berisi teks dan emoji. Bedanya, di Notes tidak menyertakan foto atau video.

Pengguna Instagram hanya dapat memakai teks atau emoji dengan jumlah karakter terbatas.

Ungguhan Notes ini hanya akan muncul di laman Direct Message (DM). Tepatnya, berada di atas deretan daftar orang yang sedang kita DM. Nantinya unggahan notes akan muncul di bagian atas kotak masuk teman selama 24 jam dan balasan akan tiba sebagai DM.

Melansir dari laman Techcrunch, Rabu (14/12/2022), Instagram mengatakan bahwa selama pengujian ditemukan orang memiliki cara untuk memulai percakapan dengan cara yang ringan.

Perusahaan menggambarkan fitur tersebut sebagai cara bagi pengguna untuk berbagi "apa yang mereka lakukan" atau meminta rekomendasi.

Sementara itu, The New York Times melaporkan minggu lalu bagaimana Meta mempertimbangkan untuk mengubah Instagram Notes, yang telah diuji selama berbulan-bulan, menjadi saingan Twitter yang lebih matang untuk memanfaatkan kekacauan di Twitter setelah akuisisi Elon Musk.

Laporan itu mengatakan perusahaan telah mempertimbangkan apakah Notes harus menjadi aplikasi mandiri atau umpan lain di dalam Instagram. Namun, untuk saat ini, tampaknya Instagram meluncurkan Notes sebagaimana adanya.

Selain Notes, Instagram juga mengumumkan fitur Candid Stories yang memungkinkan pengguna membagikan kegiatan terkini mereka dari kamera depan dan belakang. Fitur ini mirip dengan postingan yang diunggah dari media sosial kompetitor BeReal.

Lalu, Instagram juga menambahkan fitur ekstra ke dalam fitur utama Add Yours, yaitu tombol "Pass it on".

Tombol ini akan muncul di bagian bawah postingan "Add Yours". Ketika dipakai, pengguna bisa memilih dan meminta teman-teman mereka di Instagram untuk mengunggah postingan "Add Yours" versi mereka dengan tema yang sesuai.

Di samping fitur-fitur di atas, Instagram juga memperkenalkan Group Profiles. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat sebuah grup yang bisa menampung postingan foto atau video dari seluruh anggota grup di dalam satu Instagram Feed.

Ada pula Collaborative Collections, suatu fitur yang memungkinkan pengguna menyimpan atau membagikan postingan orang lain, tanpa menghilangkan nama akun Instagram orang yang mengunggah postingan tersebut.

Sebagaimana dirangkum dari laman resmi Facebook AboutFB, Rabu (14/12/2022), fitur Notes sudah digelontorkan Instagram secara global mulai hari ini.

Sedangkan fitur lainnya macam Candid Stories, Add Yours Nomination, Group Profiles, dan Collaborative Collection kini tengah diuji coba, sebelum nantinya diluncurkan ke publik.

Editor : -

Tag : #instagram    #notes    #teknologi    #apps    #fitur instagram    #dm ig   

Baca Juga