Ilustrasi, foto: Media Indonesia

Instagram Reels Perpanjang Durasi Jadi 90 Detik

Wanovy | Teknologi | 04-06-2022

PARBOABOA - Meta mengumumkan beragam fitur baru untuk platform video pendek Instagram Reels. Salah satu yang dibawa adalah durasi video yang lebih lama menjadi 90 detik.

Sebelumnya Instagram Reels hanya memiliki opsi 15, 30, dan 60 detik. Kini video bisa diperpanjang menjadi 90 detik, dan sudah bisa dicoba juga di Indonesia untuk perangkat iOS maupun Android.

Selain itu, upaya Instagram untuk menyaingi TikTok lainnya yakni menghadirkan beberapa tools kreatif, tools audio, template, dan lainnya, sebagaimana dilansir Techcrunch, Jumat (3/6/2022).

Contohnya, Meta kini membawa fitur yang ada di Instagram Stories ke Instagram Reels seperti stiker Poll (jajak pendapat), Quiz, hingga Emoji.

Pengguna Instagram Reels juga bisa menambahkan audionya sendiri. Opsi ini memungkinkan pengguna untuk menambah komentar atau suara background dari video yang setidaknya berdurasi lima detik yang disimpan di galeri ponsel.

Instagram juga mengumumkan fitur yang telah lama dinanti yaitu Templates. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat video Reels baru menggunakan struktur yang sama seperti video yang sudah ada, jadi pengguna tinggal memasukkan konten mereka ke slot yang sudah ada.

Fitur ini mulai dikembangkan pada April lalu dan mirip seperti fitur yang sudah ada di TikTok sebelumnya.

Tapi dengan Reels Templates, pengguna bisa menggunakan struktur video dan audio yang sudah ada.

Selain Instagram Reels, layanan Facebook Reels juga bakal kedatangan tiga fitur baru. Pertama, ada fitur "Sound Sync" atau Sinkronisasi Suara.

Fitur ini memungkinkan pengguna menyelaraskan video dengan irama musik yang digunakan secara otomatis.

Sayangnya, fitur ini belum akan tersedia di Instagram Reels. Kedua, bakal ada fitur membuat dan menjadwalkan Facebook Reels di desktop.

Selain melalui aplikasi Facebook di iOS dan Android, nanti pengguna juga dapat membuat, mengedit, dan mengunggah Facebook Reels dari browser web melalui Creator Studio.

Pengguna Facebook juga dapat menyetel jadwal tayang Facebook Reels dengan Creator Studio, sebagaimana dihimpun dari laman resmi Meta, Jumat (3/6/2022).

Ketiga, pengguna Facebook bakal bisa membuat Reels langsung dari konten Live Streaming mereka.

Kreator bakal bisa memotong klip Live mereka menjadi format 60 detik, dengan tampilan ganda untuk gameplay dan kamera kreator.

Tag : #reels    #instagram    #internet    #teknologi    #apps    #durasi reels   

Baca Juga