Ilustrasi Interview Bahasa Inggris (Dok.YoungOnTop)

Yuk Belajar Interview Bahasa Inggris Untuk Melamar Kerja

Mei | Pendidikan | 23-06-2022

PARBOABOA - Interview atau dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan wawancara merupakan sebuah tahap yang harus dilalui oleh seorang pelamar pekerjaan untuk memasuki dunia kerja yang dituju.

Pada sebagian orang, interview atau wawancara memang merupakan suatu hal yang cukup menegangkan, karena pada tahap ini mereka akan diuji  untuk mengetahui apakah mereka memang layak atau tidak untuk memasuki tempat kerja yang diinginkan.

Untuk itu, penting bagi kalian supaya lebih mempersiapkan diri secara matang agar lolos pada tahap ini, apalagi jika kamu ingin melamar pada sebuah perusahaan asing yang notabennya menggunakan bahasa inggris.

Namun kalian tidak perlu khawatir, karena pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai contoh interview bahasa inggris yang dapat kamu terapkan nantinya jika ingin melakukan interview bahasa inggris.

Job Interview Bahasa Inggris

1. Tell me about yourself  (Ceritakan tentang diri kamu)

Hal pertama yang dapat kamu lakukan dalam ketika menjalani interview bahasa inggris adalah dengan menceritakan mengenai dirimu sendiri terlebih dahulu.

Biasanya para pewawancara akan menanyakan pertanyaan ini kepada kalian untuk mengenal kalian lebih jauh lagi.

Berikut ini contoh interview bahasa inggris untuk memperkenalkan diri kalian.

Bahasa Inggris:

Good morning maam/sir. Okay, for the first, I would like to say thanks for the opportunity that given to me to do this interview. My name is Tri Mei A. Damanik, and my nick name is Mei. I’m twenty one years old right now and I study at the university of HKBP Nommensen Pematangsiantar, taking English department.

I come from Sidamanik, but now I stay in a boarding house at Renville street. I have two siblings, my sister and my elder sister. I have a skill in writing and also can communicate well, even in English. Besides that, I can operate computer well, especially on Microsoft Word and Microsoft Excel. I also have an experience in teaching English for a year and become and staff administration for a half of year. I can work in team or individual well.

Bahasa Indonesia:

Selamat pagi Ibu/Bapak. Baiklah, pertama sekali saya ingin mengucapkan terimakasi atas kesempatan yang diberikan untuk saya untuk melakukan wawancara ini. Nama saya Tri Mei A. Damanik, biasa di panggil dengan Mei. Saya 21 tahun saat ini dan mahasiswa di Unversitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, mengambil Program Studi Bahasa Inggris.

Saya berasal dari Sidamanik, namun saat ini tinggal di kost yang beralamat di Jln. Renville. Saya memiliki dua orang saudara, yakni seorang kakak perempuan dan adik perempuan. Saya memiliki kemampuan dibidang menulis dan juga dapat berkomunikasi dengan baik, dalam bahasa inggris sekalipun. Selain itu, saya juga dapat mengoperasikan komputer dengan baik, khususnya pada Microsoft Word dan Microsoft Excel. Saya juga memiliki pengalaman do bidang mengajar selama satu tahun dan staf bagian administrasi selama setengah tahun. Saya dapat bekerja dengan baik dalam tim maupun individu.

2. What Are Your Strengths? (Apa kelebihan kamu?)

Pertanyaan berkutnya yang mungkin saja akan dilontarkan oleh si pewawancara dalam interview bahasa inggris adalah menanyakan seputar kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki.

Berikut ini contoh interview bahasa inggris untuk menceritakan kelemahan dan juga kelebihan yang kamu miliki.

Bahasa inggris :

I’m a kinda person who likes to learn something new every time and every day. It makes me want to know everything in a time and too focus on it. As a result, I often forget about something that less important  in my job. So, I always make a memo to remind me about the schedule or things that need I do.

Bahasa Indonesia :

Saya merupakan seseorang yang sangat suka untuk belajar sesuatu yang baru disetiap saat dan harinya. Hal tersebut tentu membuat saya ingin mengetahui hal baru setiap saat dan sangat berfokus pada hal tersebut. Sebagai hasilnya, saya sering lupa mengenai hal yang kurang penting di dalam pekerjaan. Untuk itu, saya selalu mebuat sebuah memo untuk mengingatkan saya tentang jadwal atau hal yang perlu saya lakukan.

3. Why Did You Leave Your Last Job? (Mengapa kamu meninggalkan pekerjaan terakhir kamu?)

Pertanyaan berikutnya yang akan dilontarkan oleh si pewawancara ketika melakukan interview bahasa inggris adalah alasan mengapa kalian meninggalkan pekerjaan lama kalian.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kalian dapat menerapkan contoh interview bahasa inggris berikut ini.

Bahasa Inggris :

I’m a kinda people who likes to challenge myself every time to develop myself into a better people. I’m also looking for a job who can give me the opportunity to increase my skill, so I come to your office and hope this office can give it to me.

Bahasa Indonesia:

Saya merupakan orang yang suka untuk menantang diri sendiri setiap waktu untuk mengembangkan diri saya menjadi individu yang lebih baik. Saya juga sedang mencari sebuah pekerjaan yang dapat meningkatkan kemampuan saya, jadi itulah mengapa saya datang ke kantor ini dan berharap kantor ini dapat memberikan kesempatan buat saya.

4. Do You Have Any Questions For Me? (Apakah Kamu Memiliki Pertanyaan Untuk Saya?)

Nah, pertanyaan berikutnya yang mungkin akan menjadi pertanyaan penutup dari interview bahasa inggris yang kamu lakukan adalah dengan memberikan kesempatan bagi kamu untuk mengetahui informasi seputar instansi yang kamu tuju.

Kamu dapat mengajukan beberapa pertanyaan seperti yang ada di bawah ini.

  1. Do you have any examples of projects that I would be working on if I were to be offered the job? (Apakah Anda memiliki contoh proyek yang mungkin akan saya kerjakan jika nanti saya berhasil bergabung dengan perusahaan?)
  2. Does the company offer in-house training to staff? (Apakah di perusahaan ini memiliki bagian khusus untuk training karyawan baru?)
  3. What is the next step? (Apa langkah selanjutnya setelah wawancara ini selesai?)
Tag : #interview    #wawancara    #pendidikan    #job interview   

Baca Juga