Jean Claude Duvalier (CBC.News)

Intip 5 Presiden Termuda di Dunia

Wulan | Internasional | 01-04-2022

PARBOABOA, Siantar – Suatu negara di dunia pasti membutuhkan seorang pemimpin atau presiden. Posisi tersebut biasanya diisi oleh orang yang berpengalaman atau yang sudah berumur.

Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku di beberapa negara ini. Buktinya masih ada beberapa negara yang memiliki pemimpin atau presiden termuda. Bahkan, masuk kedalam daftar presiden termuda di dunia. Siapakah mereka?

1. Jean Claude Duvalier (19 tahun)

Inilah presiden paling muda di dunia, Jean Claude Duvalier. Jean adalah Presiden Haiti sejak 1971 – 1986 yang dijuluki Baby Doc. Ia diketahui menggantikan kediktatoran ayahnya yaitu Papa Doc bernama Farncois Duvalier. Jean sendiri menjabat Presiden Haiti saat usianya masih 19 tahun lho.

2. Valentine Strasser (25 tahun)

Seorang perwira militer yang kecewa bernama Valentine Strasser memimpin prajurit muda melakukan protes yang berujung kudeta. Strasser kemudian berkuasa di usianya ke 25 tahun sebagai pemimpin Sierra Leone sebuah negara di Afrika Barat. Setelah empat tahun berkuasa, ia dilengserkan oleh kudeta milter.

3. Michel Micombero (26 tahun)

Negara Burundi resmi terbentuk menjadi republik pada tahun 1966. Salah satu negara di Afrika ini mempunyai presiden pertama yang merupakan anak muda bernama Michel Micombero. Ia sebelumnya berhasil mengagalkan kudeta etnis Hutu terhadap monarki negara. Setelah beberapa peristiwa besar, ia pun ditunjuk sebagai Presiden Burundi di usianya yang ke 26 tahun.

4. Muammar Khadafi (27 tahun)

Muammar Muhammad Abu Minyar Khadafi pernah mendirikan kelompok revolusioner yang mengkudeta pemerintahan Raja Idris di tahun 1969.

Khadafi kemudian menjadi Presiden Libya di usianya ke 27 tahun. Ia lalu mengusir orang-orang Italia dan menasonalisasi industri minyak bumi di sana.

5. Kim Jong Un (28 tahun)

Kim Jong Un diangkat menjadi jenderal dan ditunjuk ayahnya, Kim Jong Il sebagai wakil ketua komisi militer sentral pada usia 27 tahun. Setahun kemudian saat berusia 28 tahun ia resmi menjadi Presiden Korea Utara. Di balik kediktatorannya yang kejam, ia berhasil membawa negaranya menjadi salah satu negara yang berpengaruh dalam politik dunia. 

Tag : #presiden    #dunia    #internasional    #presiden termuda di dunia    #jean Claude Duvalier    #Valentine Strasser    #Michel Micombero   

Baca Juga