Investasi emas menguntungkan dan aman

Investasi Emas, Pilihan Investasi Paling Aman dan Mudah

rini | Ekonomi | 08-11-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Saat ini investasi menjadi salah satu cara yang dipilih untuk mengamankan sebagian aset yang dimiliki untuk jangka menengah hingga jangka panjang. Berbeda dengan investasi saham dan aset kripto yang harganya selalu naik turun, tak terprediksi, investasi emas adalah investasi yang dianggap paling aman.

Emas mungkin tidak mengalami kenaikan harga secepat harga saham, namun investasi emas jarang mengalami penurunan harga, sehingga kemungkinan mengalami rugi tidak terlalu besar.

Berikut beberapa keuntungan dari investasi emas:

1. Harga Stabil

Emas merupakan salah satu logam murni yang harga dipasaran cenderung mengalami kenaikan, selain itu investasi emas cenderung kebal inflasi. Keunggulan lain dari investasi ini adalah pemilik investasi dapat melihat langsung dan menggunakan emas yang dibeli. Namun saat ini juga sudah muncul berupa tabungan emas, dimana uang yang ditabung akan dikonversi ke besaran gram emas, sehingga lebih aman dari kemungkinan pencurian.

2. Mudah Dicairkan

Salah satu keuntungan dengan berinvestasi emas adalah memiliki likuiditas yang tinggi. Jika pemilik investasi membutuhkan dana dadakan, maka hanya dengan mendatangi toko, emas tersebut dapat dicairkan dengan cepat. Selain dijual pemilik juga bisa menggadai emas yang dimiliki.

3. Bebas Pajak

Jika seorang investor menaruh uang dengan berinvestasi saham, maka pemilik investasi wajib membayarkan pajak. Namun bedanya dengan investasi emas, pemilik tidak akan dikenakan pajak meski mempunyai emas yang sangat banyak.

4. Mudah Dimiliki

Salah satu keuntungan lainnya dari investasi emas adalah tidak perlu mempunyai keahlian khusus untuk berinvestasi. Emas dengan mudah dapat dibeli di toko-toko tanpa ribet dan tinggal menunggu hingga harga naik, kemudian dijual. Baik orang tua yang tidak paham penggunaan smartphone untuk investasi pun, bisa dengan mudah mendapat emas.

5. Pelindung Nilai Kekayaan

Dengan kecenderungan nilainya yang meningkat dari tahun ke tahun, maka emas sangat cocok bila disebut sebagai investasi yang paling mampu melindungi nilai kekayaan seseorang. Perlindungan investasi emas terhadap kekayaan seseorang dapat dicerminkan dari harganya yang selalu stabil dan cenderung mengalami kenaikan, sehingga ketika dijual kembali, pemegang investasi emas cenderung mendapatkan hasil balik yang lebih tinggi.

Keuntungan ini membuat banyak masyarakat memilih berinvestasi dalam bentuk emas. Mungkin tidak membuat pemilik kaya mendadak, namun investasi ini juga tidak memunculkan kekawatiran pemilik mendapat rugi besar.

Namun pemilik emas harus berindak hati-hati dan menyimpan dengan baik, agar terhindar dari tindakan pencurian dan kehilangan.

Tag : investasi emas, manfaat investasi emas, kelebihan investasi emas, ekonomi

Berita Terkait