Ilustrasi emoji baru iOS 15.4

iOS 15.4 Bawa 37 Emoji Baru, Ada Wajah Meleleh Sampai Pria Hamil

Wanovy | Teknologi | 31-01-2022

PARBOABOA - Setelah penundaan terkait pandemi, Konsorsium Unicode telah menyelesaikan Unicode 14.0 dengan menambahkan 838 karakter ke standard teks.

Dari 838 karakter itu, ada 37 emoji baru dengan 112 variasi secara keseluruhan. Emoji termasuk beberapa variasi warna kulit putih, orang hamil, hingga wajah meleleh akan datang pada pembaruan iOS 15 mendatang.

Setelah emoji baru disetujui, Apple, Google, Facebook dan platform lainnya akan menyusun versi emoji mereka dan merilisnya ke masing masing platform. Emoji ini masing masing memiliki nama dan deskripsi resmi. Emoji milik Apple dinilai menyertakan lebih banyak detail karakter dibandingkan platform lainnya.

Emoji baru yang ditambahkan secara keseluruhan menunjukkan keberagaman warna kulit serta konsistensi gender. Sebab, terdapat emoji pria hamil dan jabat tangan dengan warna kulit yang berbeda.

Rangkaian emoji yang tergabung dalam update Unicode 14 ini sudah disetujui sejak September 2021 lalu oleh pihak Unicode Consortium selaku badan standarisasi emoji.  Setidaknya akan ada 37 emoji baru dengan 75 warna kulit (skin tone) untuk setiap emoji baru yang datang.

Secara keseluruhan, akan ada 112 karakter emoji baru yang hadir pada pembaruan Unicode 14. Beberapa di antaranya termasuk ekspresi menggigit bibir, wajah meleleh, kacang-kacangan, simbol hati dari tangan, hingga sikap memberikan hormat.

Ada pula simbol berjabat tangan dengan warna kulit berbeda, gelembung, pria hamil, sarang burung, bunga lotus, serta terumbu karang.

Rangkaian emoji baru tersebut bisa dilihat dalam sebuah gambar yang diunggah oleh akun dengan handle @Emojipedia melalui jejaring media sosial Twitter. Kicauan yang diunggah pada 28 Januari 2022 ini telah mendapatkan respon retweet sebanyak 1.300 dan likes sebanyak 64.700.

Berikut ini adalah daftar emoji yang akan ditambahkan pada iOS 15.4 beta yang diklasifikasikan oleh Emojipedia yang dikutip dari tek.id.

Gerakan tangan

Pembaruan beta ini juga mencakup tujuh emoji hand gestures atau gerakan tangan baru, yang masing–masing mewakilkan warna kulit berbeda. Uniknya, ada emoji tangan berbentuk hati yang populer dengan dua versi ukuran besar dan kecil. Ada juga gerakan tangan menunjuk orang, serta gerakan tangan menerima dan memberi.

Konsistensi gender

Sejak 2019, vendor telah berupaya keras untuk menawarkan emoji dengan tiga varian gender yang berbeda, yaitu pria, wanita, dan orang tanpa gender. Pembaruan beta Apple kali ini melanjutkan tren dengan menambahkan dua emoji dengan rambut “nanggung” yang diyakini adalah orang tanpa gender. Emoji tersebut menampilkan orang dengan mahkota dan hamil. Selain itu, ada juga emoji pria hamil.

Jabat tangan multiras

Seperti yang disebutkan di awal, emoji baru ini menampilkan keberagaman yang mencakup 25 versi emoji jabat tangan dengan multiras. Jika sebelumnya emoji jabat tangan hanya digambarkan dengan warna kulit yang sama antar kedua tangan, namun pada emoji baru kali ini menunjukkan orang yang berjabat tangan dengan orang lain yang memiliki warna kulit berbeda.

Smiley baru

Tidak ketinggalan iOS 15.4 juga menghadirkan 7 smiley baru, jumlah terbanyak sejak pembaruan iOS 11.1 pada 2017. Smiley baru ini termasuk wajah yang meleleh, mengintip, hormat, dan terharu.

Cara mencoba emoji baru di iOS 15.4

Bagi kamu yang ingin mencobanya, bisa langsung mengakses halaman Apple Beta Software Program untuk mendaftarkan akun serta iPhone-nya ke dalam program Public Beta. Cukup lakukan sign-in langsung dari browser Safari di iPhone kamu, lakukan proses enroll, kemudian install profil iOS 15.4 Public Beta terbaru.

Setelah profil berhasil di-install, kamu akan disarankan untuk lakukan restart, kemudian masuk ke menu Software Update yang ada di Settings - General. Nantinya bakal muncul pembaruan ke iOS 15.4 Public Beta yang umumnya berukuran besar, sehingga lebih baik untuk menggunakan jaringan Wi-Fi yang kencang nan stabil.

iOS 15.4 Public Beta sendiri kompatibel mulai dari iPhone 6s dan iPhone SE generasi pertama, hingga tentunya iPhone 13 series yang notabene terbaru saat ini. Termasuk pula iPod Touch generasi ke-7, sementara untuk iPad, asalkan iPad tersebut mendukung iOS 15 versi final, bisa menjajal versi terbaru satu ini yang juga membawa fitur kolaborasi antar perangkat.

Tidak hanya tersedia pada iOS 15.4 Beta, deretan emoji ini juga bisa ditemukan pada perangkat iPad melalui update software iPadOS 15.4 yang akan digelontorkan secara publik dalam beberapa pekan ke depan.

Dan tentunya, fitur Face ID dengan masker yang hadir secara opsional. Untuk mengaktifkannya, kamu perlu lakukan pendeteksian wajah ulang, termasuk dengan kaca mata agar prosesnya lebih akurat.

Sayangnya, fitur Face ID dengan masker ini hanya tersedia minimal untuk iPhone 12. Apple mengatakan, alasannya karena kamera TrueDepth harus benar-benar menganalisa area sekitar mata pada wajah pengguna, sehingga perlu proses komputasi yang lebih kompleks.

Sebagaimana dikutip dari Mac Rumors, Senin (30/1/2022), pengguna perangkat Mac juga dapat mengakses puluhan emoji baru ini lewat pembaruan macOS Monterey 12.3.

Tag : #ios    #apple    #emoji   

Baca Juga