Apple resmi merilis update software iOS 15.2 untuk perangkat iPhone dan iPad

iOS 15.2 Resmi Meluncur, Ini Sejumlah Pembaruannya

Wanovy | Teknologi | 14-12-2021

Apple resmi merilis update software iOS 15.2 untuk perangkat iPhone dan iPad. Lewat pembaruan ini, Apple menambahkan sejumlah fitur baru serta memperbaiki bug yang sebelumnya mengganggu pengguna.

Fitur-fitur mencakup kemampuan App Privacy Report, keamanan privasi untuk pengguna di bawah umur, serta beberapa fitur lainnya.

Pengguna bisa melakukan update ke iOS 15.2 melalui menu Settings > General > Software Update di perangkat Apple mereka.

Cuitan dari pimpinan redaksi MacStories, Federico Vittici, disorot usai melaporkan peluncuran paket berlangganan untuk Apple Music yang lebih terjangkau dalam waktu dekat ini.

Berikut ini beberapa pembaruan dan perbaikan bug yang hadir pada iOS 15.2 sebagaimana dihimpun dari 9to5mac, Selasa (14/12/2021).

1. Apple Music Voice Plan

Mengitup The Verge, Kamis (9/12), Federico mencuitkan paket berlangganan Apple Musice Voice Plan yang akan dibenamkan bersama dengan pembaruan iOS 15.2.

Melalui fitur Just Ask Siri, pengguna dapat meminta Siri untuk memberikan rekomendasi lagu berdasarkan daftar riwayat musik yang pernah didengarkan dan daftar favorit atau yang tidak disukai.

Apple menawarkan akses berbeda dengan pemanfaatan Siri, alih-alih langsung di aplikasi streaming musik tersebut.

Selain itu, di Apple Music Voice Plan ada beberapa fitur seperti Dolby, Atmos Spatial Audio, music lossless, video music dan lirik.

Apple juga mengumunkan layanan ini baru akan tersedia di 17 negara dan wilayah, seperti Australia, Austria, Kanada, Tiongkok, Prancis, Jerman, Hong Kong, India, Irlandia, Italia, Jepang, Meksiko, Selandia Baru, Spanyol, Taiwan, Britania Raya, serta Amerika Serikat.

2. Messages

Apple turut memberikan update pada aplikasi Messages. Melalui iOS 15.2, para orang tua dapat mengaktifkan peringatan pada iPhone yang digunakan anak mereka ketika mereka mengirim atau menerima foto yang mengandung konten porno.

3. Privacy

Privacy App Privacy Report dapat memantau seberapa sering aplikasi mengakses lokasi, foto, kamera, mikrofon, kontak, dan akses lainnya selama tujuh hari terakhir, termasuk aktivitas jaringan yang berjalan pada iPhone.

4. Hide My Email

MacRumors melaporkan bahwa beta ini juga menambahkan pintasan ke “Sembunyikan Email Saya” di dalam aplikasi Mail.

Sebelumnya, pengguna hanya dapat mengaksesnya melalui pengaturan iCloud di aplikasi Pengaturan iPhone. Fitur ini memungkinkan pelanggan iCloud+ untuk membuat alias acak yang meneruskan email ke alamat iCloud asli mereka. Ini memungkinkan pengguna menghindari berbagi yang asli dengan situs web dan orang-orang karena alasan privasi atau masalah lainnya.

5. Siri dan Search

Apple memperluas panduan aplikasi pada Siri, Spotlight, dan Safari Search guna membantu pengguna untuk bisa mengakses internet secara aman.

6. Apple ID

Apple ID Fitur Digital Legacy mampu memberikan akses kepada pengguna untuk memilih seseorang ke dalam Legacy Contacts (Kontak Warisan), sehingga orang tersebut dapat mengakses akun iCloud dan informasi pribadi terkait apabila pemilik iPhone sudah dinyatakan meninggal dunia.

7. Kamera

Apple menambahkan kemampuan untuk mengganti kamera makro ke lensa ultra-wide, sehingga pengguna bisa mengambil foto dan video dalam format makro.

Fitur ini dapat diaktifkan melalui menu Settings yang terdapat pada perangkat iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

8. TV app

Tab Store memungkinkan pengguna untuk bisa menelursi, membeli, serta menyewa film dan acara TV pada satu tempat yang sama.

9. CarPlay

CarPlay Jalur peta yang terdapat pada Apple Maps sudah disempurnakan, termasuk tambahan informasi seperti belokan jalan, median, jalur sepeda, serta jalur penyeberangan pejalan kaki di sejumlah kota.

10. Find My

Masih menurut laporan Macrumors,  bahwa iOS build ini mengubah tab Items di aplikasi Find My. Apple telah mengganti nama "Identify Found Item" menjadi "Help Return Lost Item."

Opsi ini terletak di samping opsi "Item yang Dapat Melacak Saya" yang memungkinkan pengguna untuk memindai perangkat Find My-enabled terdekat, seperti AirTags jika seseorang melacaknya.

11. Pesan SOS

iOS 15.2 juga turut menghadirkan pembaruan fitur Darurat SOS yang memungkinkan Anda melakukan panggilan otomatis ke saluran darurat negara Anda.

Anda sekarang dapat dengan cepat menekan tombol samping atau menahan tombol samping dan salah satu tombol volume selama beberapa detik. Penghitung waktu mundur juga telah diubah dari tiga menjadi delapan detik.

Perbaikan bug

Apple merilis sejumlah perbaikan bug untuk iPhone pada sejumlah keadaan tertentu seperti ketika:

- Siri tidak merespons saat fitur VoiceOver sedang berjalan, dan iPhone dalam keadaan terkunci.

- Foto ProRAW yang nampak terlalu terang saat dilihat melalui aplikasi editing foto pihak ketika.

- Aplikasi HomeKit yang menyertakan pintu garasi dapat tidak berjalan pada CarPlay, terutama saat iPhone pengguna sedang dalam keadaan terkunci.

- CarPlay tidak dapat memperbarui informasi pada tab Now Playing di aplikasi tertentu.

- Aplikasi streaming video yang tidak dapat memuat konten pada perangkat iPhone 13 series.

- Acara yang terdapat di Calendar memiliki kemungkinan untuk muncul di hari yang salah ketika dibuka di Microsoft Exchange.

Tag : #apple    #ios 15.2    #beta apple ios 15    #cara update ke iOS 15.2   

Baca Juga