Ilustrasi, foto: Majalah Gadget

Apple Siapkan Fitur Baru, iPhone Bakal Bisa Dipakai Mengetik di Dalam Air

Wanovy | Teknologi | 06-07-2022

PARBOABOA - Kabar terbaru datang untuk pengguna iPhone, pasalnya smartphone ini bakal bisa digunakan untuk mengetik di sambil hujan-hujanan. Hal itu dimungkinkan berkat fitur baru iPhone yang baru saja dipatenkan Apple.

Kantor Paten dan Merek Dagang AS mengesahkan fitur baru iPhone soal modifikasi fungsionalitas perangkat elektronik selama peristiwa paparan kelembapan.

Fitur itu akan mempermudah penggunaan iPhone di tengah hujan. Selama ini, tidak mudah untuk mengetik di layar yang basah atau dengan jari yang basah.

Apple berencana menyesuaikan layar iPhone dengan kelembapan, apakah itu hujan ringan, basah kuyup terus-menerus, atau jika handset digunakan di bawah air.

Selama ini, sejumlah smartphone termasuk iPhone memang dapat bertahan dari guyuran air atau suhu lembab.

Kendati demikian, tidak mudah untuk mengoperasikan ponsel ketika layar atau jari pengguna dalam kondisi basah.

Oleh karena itu, Apple merancang sensor yang bisa membuat layar iPhone menyesuaikan diri dengan kondisi lembab, termasuk saat hujan ringan, saat layar basah atau ketika iPhone dioperasikan di dalam air.

Menurut paten itu, "sentuhan palsu" dari air pada layar iPhone akan dideteksi oleh teknologi baru Apple yang dijelaskan dalam paten tersebut.

Setelah terdeteksi oleh sensor, sentuhan palsu itu akan ditolak. Untuk mempermudah pengoperasian layar iPhone saat basah atau lembab, tata letak tombol di layar akan diubah menjadi lebih besar. Praktik ini juga dapat meminimalisasi kekeliruan input sentuhan/tekanan pada layar.

Pada saat yang sama, layar iPhone akan otomatis berubah menjadi layar yang peka terhadap tekanan, sebagaimana teknologi Force Touch dan 3D Touch.

Dilansir dari Phone Arena, Rabu (6/7/2022), aplikasi kamera iPhone juga akan menyediakan mode kering, basah dan bawah air, sebagaimana gambar dalam paten Apple.

Setiap mode tersebut akan dilengkapi dengan antarmuka (UI) yang berbeda guna memudahkan pengoperasian sesuai kondisi layar.

Untuk mencegah tetesan hujan atau cairan yang mematikan input sentuh, Apple mengharuskan penekanan jari berkekuatan lebih dari ambang batas dinamis.

Penekanan akan berubah tergantung jenis peristiwa kelembapan, apakah hujan ringan atau lebat yang membuat layar sentuh sulit untuk mengetik secara akurat.

Dikutip dari Telset, pada Selasa (5/7/2022), gambar dalam dokumentasi paten menunjukkan aplikasi kamera iPhone yang menawarkan berbagai mode pengaturan.

Ada pengaturan untuk mode kering, basah, dan bawah air. Bergantung kepada mode, perubahan dilakukan oleh Apple di user interface (UI) atau antarmuka kamera.

Sebagai misal di mode basah, beberapa fitur dihapus dari UI saat dalam mode bawah air. Beberapa kontrol diganti dengan tombol yang punya ukuran ekstra besar.

Layar ponsel akan menunjukkan kedalaman perangkat agar pengguna tetap berada dalam batas ketahanan air handset. Apple juga memastikan agar pengguna tidak bingung.

Tag : #iphone    #apple    #gadget    #teknologi    #ios    #fitur iphone   

Baca Juga