Isyarat tangan tanda bahaya yang populer di Tiktok

Isyarat Tanda Bahaya di TikTok Selamatkan Seorang Anak dari Penculikan

rini | Internasional | 09-11-2021

PARBOABOA, Amerika - Seorang anak berusia 16 tahun di Amerika Serikat berhasil diselamatkan dari tindakan penculikan setelah menggunakan isyarat tangan tanda bahaya yang populer di TikTok.

Korban membuat tanda dengan mengangkat telapak tangannya, kemudian melipat ibu jari ke tengah dan menutup ibu jari tersebut dengan empat jari lain.

Dikutip dari NBC News, seorang pengemudi melihat seorang anak memberikan tanda isyarat bahaya dari dalam sebuah mobil Toyota berwarna perak pada Kamis (4/11). Pengemudi tersebut langsung menghubungi 119.

"(Pengemudi melihat) Seorang penumpang di dalam kendaraan yang membuat gerakan tangan sebagaimana dikenal di platform media sosial TikTok yang mewakili kekerasan dalam rumah tangga, 'Saya butuh pertolongan-kekerasan dalam rumah tangga'," kata Kantor Sheriff Laurel County, dikutip dari BBC.

Setelah mendapat laporan, petugas kepolisian bergerak cepat dan berhasil menghentikan mobil tersebut di Jalan Raya Kentucky, seorang pengemudi bernama James Herbert Crick (61) diamankan atas tindakan penculikan.

Seorang Sherif menyebutkan anak tersebut tersebut telah dilaporkan hilang oleh keluarga sejak Selasa (2/11) dari kediaman keluarga di Asheville, Carolina Utara.

Dari hasil penggeledahan, di dalam ponsel pelaku ditemukan sejumlah konten seksual remaja dan anak di bawah umur. Atas perbuatannya pelaku didakwa melakukan peculikan dan kepemilikan materi seksi anak di bawah umur 12-18 tahun.

Kampanye isyarat tanda bahaya

Adapun isyarat tanda bahaya yang ditunjukkan anak tersebut merupakan sebuah isyarat yang dirilis oleh Canadian Women's Foundation tahun 2020.

Awalnya syarat tangan ini dibuat untuk membantu mengatasi tingginya angka kekerasan dalam rumah tangga saat lockdown diberlakukan. Isyarat ini kemudian dipopulerkan oleh orang-orang secara global melalui media sosial, terutama TikTok. Tanda ini dapat digunakan oleh korban untuk meminta bantuan tanpa harus berteriak.

Tag : tiktok, viral, isyarat tangan tanda bahaya, internasional, penculikan anak

Berita Terkait