Iwan Bule Minta Maaf Terkait Kasus Pelemparan Bus Timnas Thailand di GBK

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (Foto: Dok. PSSI)

PARBOABOA, Jakarta – Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan (Iwan Bule) menyampaikan permintaan maaf terkait pelemparan terhadap bus tim nasional (Timnas) Thailand saat memasuki Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Kamis (29/12/2022).

"Saya Mochamad Iriawan, Ketua Umum PSSI atas Nama Federasi Sepakbola Indonesia serta seluruh masyarakat sepakbola Indonesia, memohon maaf kepada seluruh pemain, Official Team, Federasi Sepakbola Thailand @changsuek, serta seluruh masyarakat Thailand, atas ketidaknyamanan yang terjadi jelang laga lanjutan AFF Mitsubishi Electric Cup 2022 yang berlangsung kemarin," kata Iwan Bule melalui akun Instagram pribadinya, @mochammadiriwan84 pada Jumat (30/12/2022).

Mantan Jenderal bintang dua polri itu mengaku menyesal karena hanya mengirim satu mobil pengawalan saja untuk mendampingi skuad Gajah Putih tersebut.

"Kami terlalu percaya diri dengan membiarkan Timnas Thailand menuju venue pertandingan dari hotel hanya menggunakan 1 mobil pengawalan saja. Kami tidak pernah menduga dan sangat menyesal atas kejadian kemarin,” ujar Iwan Bule.

Iwan Bule berjanji bahwa kejadian serupa tidak akan terjadi lagi untuk dimasa yang akan datang.

“Kami di Federasi memastikan hal serupa tidak akan terjadi kembali di pertandingan-pertandingan yang akan datang. Cukup lah rivalitas kita hanya di lapangan sepakbola selama 90 menit. Di luar itu kita adalah sahabat,” tutupnya.

Sementara itu, pihak kepolisian disebut tenga melakukan penyelidikan untuk mencari pelaku yang melempar bus Timnas Thailand hingga menyebabkan kaca bus pecah.

"Polisi masih menyelidiki siapa pelakunya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan seperti dikutip dari Antara, Kamis (29/12/2022).

Selain itu, Zulpan menegaskan bahwa peristiwa tersebut bukan merupakan penyerangan seperti yang diberitakan di media sosial.

"Bukan diserang, jadi benar adanya pelemparan itu, jadi bus dilempar itu benar. Jadi bukan diserang, kan beda kalau diserang," jelasnya.

Adapun pertandingan yang mempertemukan Indonesia vs Thailand di kualifikasi grup A Piala Suzuki AFF 2022 itu berkesudahan dengan skor sama kuat, yakni 1-1.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS