Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia kembali membuka pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) 2022.

Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022

Sondang | Pendidikan | 22-02-2022

PARBOABOA, Siantar - Menjadi mahasiswa merupakan suatu impian bagi sebagian orang. Namun terkadang, impian ini terhalang karena berbagai faktor, salah satunya ekonomi.

Untuk mengurangi permasalahan ini, pemerintah kemudian menawarkan banyak beasiswa menarik seperti beasiswa dari Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP). Beasiswa ini diberikan langsung oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia.

Jika berhasil mendapatkan beasiswa ini, siswa akan mendapat sejumlah fasilitas yang berupa biaya pendidikan dan pendukung.

Biaya pendidikan yang diberikan berupa:

- Biaya Pendaftaran

- Biaya SPP/Tuition Fee

- Tunjangan Buku

- Biaya Penelitian Tesis/Disertasi

- Biaya Seminar Internasional

- Biaya Publikasi Jurnal Internasional

Sementara biaya Pendukung yang diberikan berupa:

- Transportasi

- Aplikasi Visa/Residence Permit

- Asuransi Kesehatan

- Biaya Hidup Bulanan

- Biaya Kedatangan

- Biaya keadaaan darurat (jika diperlukan)

- Tunjangan keluarga (khusus doktor)

Di tahun ini, LPDP membuka pendaftaran beasiswa sebanyak 2 kali dalam 2 tahap. Tahap pertama bakal dimulai pada 25 Februari 2022 untuk kelompok beasiswa afirmasi, targeted, dan umum.

"Mulai 25 Februari 2022 LPDPrens sudah bisa melakukan registrasi beasiswa LPDP 2022 melalui beasiswalpdp.kemenkeu.go.id. untuk kelompok beasiswa afirmasi, targeted, dan umum. Pada tahap kedua #LPDPrens bisa melakukan registrasi mulai 4 Juli 2022," tulis pihak LPDP di akun instagram @lpdp-ri pada Minggu (20/2).

Program ini bisa berlaku bagi mereka yang akan melanjutkan ke jenjang S2 dan S3 baik universitas dalam negeri ataupun luar negeri. Jika kamu tertarik mengikuti beasiswa ini, catat tanggal penting berikut ini.

Jadwal pelaksanaan beasiswa LPDP 2022

Jadwal seleksi beasiswa LPDP tahap 1

- Pendaftaran beasiswa: 25 Februari-27 Maret 2022

- Seleksi Administrasi: 28 Maret-11 April 2022

- Seleksi bakat skolastik: 18 April-22 April 2022

- Seleksi substansi: 16 Mei-25 Juni 2022.

Jadwal seleksi beasiswa LPDP tahap 2

- Pendaftaran beasiswa: 4 Juli-5 Agustus

- Seleksi Administrasi: 8 Agustus-19 Agustus 2022

- Seleksi bakat skolastik: 29 Agustus-10 September 2022

- Seleksi substansi: 26 September-4 November 2022.

Syarat umum beasiswa LPDP 2022

Informasi mengenai ketentuan, syarat, daftar perguruan tinggi, dan panduan lengkap LPDP 2022 baru akan diberikan pada saat pembukaan pendaftaran, yakni 25 Februari 2022.

Namun sebagai gambaran, berikut ini syarat dari tahun sebelumnya yang dapat dipersiapkan bagi yang ingin mendaftar LPDP 2022.

1. Warga Negara Indonesia.

2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; program magister (S2) untuk beasiswa doktor; atau diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor dengan ketentuan sebagai berikut:

Perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

- Perguruan tinggi kedinasan dalam negeri, atau

- Perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia atau Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara asal perguruan tinggi.

3. Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister ataupun doktor baik di perguruaan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri.

4. Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi doktor (S3) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktor.

5. Melampirkan Surat Rekomendasi dari akademisi bagi yang belum bekerja atau dari atasan bagi yang sudah bekerja.

6. Memilih Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP.

7. Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online.

8. Menulis Personal Statement (tidak ada format khusus).

9. Menulis komitmen kembali ke Indonesia dan rencana kontribusi di Indonesia pascastudi.

10. Menulis Proposal Penelitian bagi pendaftar program pendidikan doktor.

11. Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS (www.ets.org), PTE Academic (www.pearsonpte.com) atau IELTS (www.ielts.org) dengan ketentuan sebagai berikut:

- Pendaftar program magister dalam negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP® 500, TOEFL iBT 61, PTE Academic 50, atau IELTS™ 6,0.

- Pendaftar program magister luar negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 80, PTE Academic 58, atau IELTS™ 6,5.

- Pendaftar program doktor dalam negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP® 530, TOEFL iBT® 70, PTE Academic 50, atau IELTS™ 6,0.

- Pendaftar program doktor luar negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 94, PTE Academic 65 atau IELTS™ 7,0.

- Sertifikat TOEFL ITP yang berlaku harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia.

Syarat yang harus disiapkan untuk mendaftar beasiswa LPDP 2022

Person In Charge (PIC) Beasiswa LPDP, Berliana Abidah Oktoviani mengatakan bahwa untuk mendaftar Beasiswa LPDP maka calon pendaftar bisa menyiapkan sejumlah syarat-syarat seperti ijazah jenjang sebelumnya, transkrip nilai, dan sertifikat bahasa Inggris.

“Beberapa dokumen lain nanti akan disampaikan jenis/formatnya pada tanggal 25 Februari 2022 di laman LPDP dan buku panduan setiap jenis beasiswa,” ujar dia.

Selanjutnya, registrasi Beasiswa LPDP akan dilakukan melalui link beasiswalpdp.kemenkeu.go.id. Registrasi tersebut ditujukan untuk kelompok beasiswa afirmasi, targeted dan Umum.

Proses seleksi beasiswa LPDP 2022 meliputi:

- Seleksi Administrasi

- Seleksi Bakat Skolastik

- Seleksi Substansi

Itulah seputar informasi mengenai jadwal hingga persyaratan beasiswa LPDP 2022. Apakah anda tertarik untuk mencoba?

Tag : #lpdp 2022    #beasiwa pendidikan    #pendidikan   

Baca Juga