Jajanan khas Bandung, foto: Kumparan

10 Rekomendasi Aneka Jajanan Khas Bandung yang Wajib Kamu Cicipi

Wanovy | Travel | 05-05-2022

PARBOABOA - Berencana traveling ke Bandung? Jangan lupa mencicipi kuliner khasnya. Kota Bandung punya beragam kuliner seru. Wajib dicoba jika sedang mampir ke sana!

Ada beberapa rekomendasi camilan menghangatkan yang dapat kamu konsumsi saat hujan, salah satunya dari daerah Bandung.

Apa sajakah itu? Berikut beberapa jajanan khas Bandung yang dapat kamu nikmati saat musim hujan.

1. Wajit Cililin

Jajanan khas Bandung ini memiliki cita rasa manis dan cocok dijadikan camilan. Wajit clilin dibuat dari beras ketan, kelapa, gula aren, dan gula putih. Beberapa variasi ditambah susu, mentega, cokelat, dan vanili.

Seluruh bahan diolah dan adonan disimpan selama 24 jam dalam wadah besar. Selanjutnya, adonan dibungkus menggunakan daun jagung kering dan dijemur di bawah sinar matahari.

Oleh-oleh khas Bandung ini banyak dijual di toko sekitar Bandung dan Jawa Barat.

2. Comro

Comro adalah jajanan khas Bandung yang terbuat dari parutan kelapa dan singkong. Makanan ini berbentuk oval dengan isi sambal yang terbuat dari oncom.

Proses memasaknya digoreng dengan minyak hingga kecokelatan. Rasanya manis dan pedas. Nama comro diduga berasal dari permainan kata “oncom di jero” yang artinya oncom (tempe fermentasi) di dalam. Comro tersedia di berbagai tempat di Bandung, salah satunya di Pasar Cisangkuy.

3. Yougurt

Salah satu jajanan khas Bandung yang wajib dicicipi adalah yogurt. Coba mampir ke Cisangkuy dan coba yogurtnya yang legendaris itu.

Ada yang smoothies atau disajikan dengan topping jus buah asli. Rasanya dijamin beda dengan yogurt yang biasa kamu beli.

4. Batagor

Baso Tahu Goreng alias batagor juga termasuk jajanan khas Bandung dicoba saat berkunjung ke Bandung.

Olahan batagor di kota asalnya ini berukuran cukup besar dan terbuat dari campuran daging ikan. Ada juga batagor yang bisa dijadikan oleh-oleh.

5. Seblak

Seblak Seblak adalah jajanan khas Bandung yang memiliki kuah gurih dan pedas. Biasanya, seblak memiliki isian, seperti kerupuk rebus, bakso, sosis, sayuran rebus, telur, hingga ceker ayam.

Memiliki kuah yang hangat, seblak sangat cocok dinikmati ketika musim penghujan. Saat mengunjungi Bandung, kamu akan melihat banyak penjual seblak.

Kini, sudah banyak sekali penjual seblak instan yang bisa kamu masak sendiri di rumah. Jadi, kamu bisa membawa hidangan ini untuk dijadikan oleh-oleh.

Seblak instan dapat dibeli di berbagai gerai oleh-oleh khas Bandung, seperti Kartika Sari, Toko Oleh-oleh Bandung Pusaka Snacks, dan Tiga Rasa Bandung Food.

6. Rujak Cireng

Berbahan dasar aci atau tepung kanji dalam bahasa Sunda, cireng adalah salah satu camilan populer di Bandung.

Cireng merupakan singkatan dari "aci digoreng". Maka dari itu, cireng memiliki cita rasa yang renyah di luar, serta gurih dan kenyal di dalam.

Menikmati cireng belum lengkap tanpa dicocol pada sambal rujak pedas manis yang khas. Rujak cireng sangat nikmat disajikan dalam keadaan masih hangat.

Maka dari itu, kini kamu bisa menemukan banyak penjual rujak cireng untuk dijadikan oleh-oleh.

7. Pisang Bolen

Penganan yang satu ini tidak boleh tidak dibeli ketika kamu ke Bandung. Pisang bollen adalah makanan berupa pisang yang dilapisi kulit pastry dan menghasilkan rasa yang legit, lezat, serta pas jadi teman minum teh.

Saat ini, banyak yang menjual pisang bollen, tapi pisang bollen Kartika Sari masih jadi yang terbaik.

Makanan yang lahir pada tahun 1970 ini menggunakan resep asli turun-temurun yang rasanya tidak berubah sampai sekarang.

8. Toko Kartika Sari

Toko Kartika Sari berpusat di Jalan H. Akbar No. 4, Kebon Kawung. Kamu dapat juga membelinya di beberapa cabang di Bandung, antara lain di Kebon Jukut, Antapani, Buah Batu, dan Dago.

Rasa pisang bollen bervariasi, dari pisang cokelat, pisang keju, ada juga bollen tape dan bollen durian.

Selain pisang bollen, Kartika Sari menjual juga pilihan makanan lain, seperti pastel, risoles, hingga bagelen.

9. Bolu Bakar Tunggal

Bolu Bakar Tunggal dapat dibeli di kios yang terletak di Jalan Jend. Sudirman No.570-574, Dungus Cariang, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat.

Oleh-oleh khas Bandung ini termasuk jajanan kekinian yang cocok dijadikan buah tangan. Tersedia berbagai rasa yang bisa dipilih. Varian manis terdiri dari coklat, nanas, kacang, kelapa susu, stroberi, keju, durian, dan roombutter.

Sedangkan varian gurih terdiri dari abon dan tuna yang juga bisa dicampur. Harganya mulai Rp27 ribu hingga Rp37.500. Jajanan khas Bandung ini cocok dipanasakan terlebih dahulu sebelum disantap.

10. Banana Crispy Kartikasari

Kartika Sari adalah toko kue rintisan Ibu Ratnawati yang menggunakan resep turun-temurun sejak zaman Kolonial. Salah satu produk yang cocok sebagai oleh-oleh khas Bandung adalah Banana Crispy.

Banana Crispy ini dapat bertahan selama tiga hari dalam suhu ruang. Harganya Rp57.500 dan terdapat varian lain yang tak kalah menarik.

Jajanan khas Bandung ini dapat dibeli di Jalan H. Akbar No.4, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat.

Demikianlah beberapa aneka jajanan khas bandung yang wajib kamu cob ajika berkunjung ke Kota ini. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata bandung    #bandung    #tempat wisata    #jawa barat    #jajanan khas bandung   

Baca Juga