Jalan lintas Medan Berastagi kembali dibuka setelah longsor di Deli Serdang

Sempat Ditutup Sementara Akibat Longsor, Jalan Medan Berastagi Kembali Dibuka

rini | Daerah | 17-11-2021

PARBOABOA, Deli Serdang - Longsor yang terjadi di Jalan Jamin Ginting Km 50, Desa Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara pada Selasa (16/11) malam, mengakibatkan polisi menutup jalur Berastagi-Medan sementara pada Selasa malam untuk pembersihan meterial longsor.

Pada Rabu (17/11) dini hari, Kasat Lantas Polrestabes Medan, AKBP Sonny Siregar mengumumkan jalur tersebut telah kembali dibuka.

"Setelah pembersihan material longsor selesai, arus lalu lintas jalan Medan-Berastagi yang sempat terputus kini sudah bisa kembali dilewati pengendara motor dan mobil," ujar Sonny, dikutip dari Antara News.

Namun Sony tak lupa mengingatkan warga agar tetap hati-hati dan waspada saat melintasi jalur tersebut, karena lokasi rawan terjadi longsor susulan.

"Di lokasi kejadian, beberapa personel masih bersiaga. Begitu juga dengan alat berat. Tujuannya untuk mengantisipasi bencana longsor susulan," sebutnya.

Hujan deras dan angin kencang yang mengguyur pada Selasa (16/11) sore mengakibatkan longsor di jalan lintas Medan-Berastagi tepatnya di Jalan Jamin Ginting Km 50, Desa Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Untuk mempercepat pembersihan material longsor, aparat kepolisian terpaksa menutup jalur tersebut pada Selasa malam.

"Menutup atau memutarbalikkan jalur kendaraan yang akan naik ke atas mulai dari Simpang Pos, Simpang Selayang, Simpang Tuntungan hingga di depan Mako Polsek Pancur Batu dan sebaliknya juga yang dari arah Tanah Karo ditutup," kata Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Sonny Siregar dikutip Antara.

Sonny mengatakan kondisi saat ini di lokasi longsor masih hujan dan gelap karena tidak ada penerangan. Petugas kepolisian juga telah disiagakan guna mengantisipasi pengendara agar tidak melintasi area tersebut.

"Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, petugas di lokasi juga menutup dan menyuruh pengendara agar putar balik arah," kata Sonny, Selasa (16/11/2021).

Proses evakuasi dilakukan menggunakan alat berat untuk memindahkan material longsor dan memotong pohon yang jatuh saat longsor.

Tag : #longsor    #penutupan jalan lintas    #medan berastagi    #daerah    #deli serdang   

Baca Juga