Ilustrasi Srtoke usia muda (Mayada Hospital)

Jangan Anggap Remeh , Kenali Beberapa Penyebab dan Gejala Stroke di Usia Muda

Dimas | Kesehatan | 22-03-2022

PARBOABOA - Stroke merupakan suatu gangguan pembuluh darah di otak yang terjadi secara tiba-tiba baik kecil atau besar karena sumbatan atau pendarahan. Banyak orang mengira stroke hanya dialami oleh orang-orang yang sudah berusia lanjutan atau sudah tua.

Nyatanya, saat ini tak sedikit orang yang masih berusia muda mengalami stroke. Gaya hidup yang buruk, seperti kebiasaan merokok, minum alkohol, riwayat diabetes, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi  dinilai menjadi salah satu faktor penyebab stroke diusia muda.

Gaya hidup yang buruk bukanlah satu-satunya pemicu  stroke bisa terjadi pada usia muda. Menurut data Cleveland Clinic, sekitar 10 persen kasus stroke terjadi pada usia muda disebabkan oleh efek obat dan kondisi genetik tertentu.

Diketahui, ada beberapa jenis stroke yang umum terjadi di usia muda, yakni:

 Stroke iskemik

Stroke iskemik terjadi karena penyempitan pembuluh yang akhirnya menyumbat darah dan tidak bisa mengalik dengan lancar ke otak

Stroke pendarahan

Stroke pendarahan terjadi karena Kumpulan darah pada parenkim otak atau sistem ventrikel yang tidak disebabkan karena trauma, yang menyebabkan gejala disfungsi neurologis.

Stroke Thrombosis Vena Serebral

Stroke yang disebabkan oleh thrombosis vena serebral, definisinya adalah adanya infark atau perdarahan pada otak yang disebabkan oleh thrombosis/sumbatan pada struktur pembuluh vena di otak.

Ahli saraf Blake Buletko mengatakan, seseorang harus memahami dan memperhatikan gejala awal dari stroke.

“Jangan pernah berasumsi bahwa Anda bebas dari stroke,” katanya.

Berikut gejala awal stroke yang harus di waspadai menurut Buletko:

1. Hilangnya keseimbangan atau koordinasi secara tiba-tiba.

2. Kehilangan penglihatan secara tiba-tiba pada satu atau kedua mata dan mengalami penglihatan ganda.

3. Satu sisi wajah terkulai

4.Lengan atau kaki tiba-tiba melemah

5. Sulit berbicara.

6. Sakit kepala yang parah

Itulah beberapa penyebab dan gejala stroke yang bisa terjadi pada usia muda. Dan cara terbaik mencegah stroke adalah mengenali faktor risikonya serta menerapkan pola hidup sehat.

Tag : #stroke    #otak    #kesehatan    #pola hidup    #iskemik    

Baca Juga