Ilustrasi

Jaringan 5G Telkomsel Langsung Aktif Saat Mendarat di Lombok

Wanovy | Teknologi | 19-03-2022

PARBOABOA, Lombok - Telkomsel menghadirkan showcase 'Telkomsel 5G Experience' dalam perhelatan balap motor internasional MotoGP 2022 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini dilakukan untuk memamerkan teknologi yang didukung jaringan 5G.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan Perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika merupakan peluang besar bagi Indonesia untuk menunjukkan potensi yang ada kepada dunia. Perhelatan ini menurutnya membuat Indonesia menjadi sorotan dunia.

"Showcase 'Telkomsel 5G Experience' untuk menunjukkan bahwa Indonesia telah memiliki teknologi telekomunikasi terbaru yang mampu membuka peluang bagi lintas sektor industri untuk terus berinovasi. Melalui showcase tersebut, terdapat 6 jenis use cases yang kami hadirkan, di antaranya Humanoid Robot, Cloud Gaming, 5G Drone, Virtual Reality, AR Industrial Work Instruction, dan 5G mmWave-Device," jelas Nugroho dalam keterangan tertulis, Jumat (18/3/2022)

Ajang balap MotoGP yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat, memang menjadi momen bersejarah untuk Indonesia.

Sebab, setelah 25 tahun, ajang balap motor tahunan ini kembali ke Tanah Air, setelah terakhir kali digelar pada 1996 dan 1997 silam.

Dikutip dari Kompas, ponsel yang digunakan penumpang pesawat ketika mendarat di Lombok sudah mendukung 5G, dengan nomor dari operator seluler Telkomsel dan XL Axiata. Saat airplane mode dinonaktifkan, ponsel mulai mencari sinyal.

Tak butuh waktu lama, muncul indikator 5G di ponsel dengan kartu Telkomsel yang digunakan. Sementara, untuk XL Axiata hanya mendapatkan sinyal 4G, bukan 5G.

Telkomsel sendiri memang menghadirkan pengalaman akses konektivitas Hyper 5G di ajang balap motor internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia yang berlangsung pada 18-20 Maret di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Operator seluler pelat merah ini menyiapkan 16 BTS 5G yang menjangkau sejumlah titik, yaitu kawasan Mandalika International Street Circuit dan Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid.

Di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid, baru operator seluler Telkomsel yang menghadirkan jaringan 5G di kawasan tersebut. Frekuensi yang digunakan Telkomsel adalah gabungan dari 2.100 MHz dan 2.300 MHz.

Kedua frekuensi tersebut sudah beroperasi secara komersial sejak tahun lalu. Kemudian, ditambah frekuensi 3.500 MHz yang untuk penggunaannya untuk sementara diizinkan oleh Kementerian Kominfo.

Nantinya, selama gelaran MotoGP 2022 di Mandalika International Street Circuit, pengunjung dapat mencoba berbagai use cases teknologi terbaru yang didukung jaringan Hyper 5G Telkomsel, seperti use case Humanoid Robot, di mana pengunjung dapat melihat langsung bagaimana sebuah robot yang didukung Hyper 5G Telkomsel memiliki kemampuan menyerupai manusia.

Teknologi ini memungkinkan robot untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti menyambut dan mengenali wajah tamu/pengunjung, menghibur pengunjung dengan melakukan aksi menari dan menampilkan gerakan tertentu yang menarik.

Dengan keunggulannya, Humanoid Robot dapat dimanfaatkan untuk berbagai industri seperti hiburan, media, hingga retail.

Tag : #telkomsel    #jaringan    #teknologi    #internet    #5g    #mandalika    #lombok    #motogp   

Baca Juga