Jawaban Syafakillah (Foto : Parboaboa/Halima)

Jawaban Syafakillah yang Harus di Ketahui Umat Muslim

Halima | Pendidikan | 23-11-2022

PRBOABOA - Berdoa pada Allah adalah inti ajaran umat Islam yang artinya menyeru, memanggil, atau memohon pertolongan kepada Allah SWT atas segala sesuatu yang diinginkan, termasuk kesembuhan seseorang.

Kata syafakillah sering diucapkan seseorang ketika mendengar atau menjenguk orang sakit. Kata tersebut merupakan sebuah doa yang ditujukan kepada orang sakit agar segera diberikan kesembuhan oleh Allah SWT.

Sungguh beruntung seseorang yang sedang sakit mendapatkan doa atau ucapan syafakillah dari keluarga maupun sahabat dari umat muslim. Namun, apa jawaban dari syafakillah yang harus disampaikan. 

Sebelum membahas mengenai jawaban dari kata  syafakillah, lebih baik memahami makna dari syafakillah itu sendiri.

Arti Syafakillah

Syafakillah atau syafakallah merupakan salah satu jenis ucapan doa atau harapan dari seseorang yang ditujukan bagi orang lain yang sedang sakit. Yang artinya meminta diberikan kesembuhan. 

Syafakillah dan Syafakallah memiliki arti yang sama yang jadi pembeda antara kedua kata dalam bahasa arab tersebut yaitu tujuan pengucapannya yang mana kalau Syafakallah ditujukan untuk seorang laki-laki yang sedang sakit. Sedangkan kata Syafakillah itu ditujukan untuk kaum perempuan.

Saat saudara, teman, dan orang dekat lainnya sedang sakit. Kita bisa memakai kata syafakallah dan syafakillah sebagai bentuk keperdulian kita terhadap mereka. Karena pada dasarnya kedua kata tersebut sama halnya dengan kata semoga cepat sembuh (bahasa indonesia), get well soon (bahasa inggris), dan lain-lain yang sifatnya mendoakan. Hanya saja kedua kata tersebut dalam bahasa arab yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut  ini adalah  ungkapan lekas sembuuh untuk laki-laki dan juga untuk orang sakit yang tidak dijumpai atau diketahui dari orang lain bahwaorang tersebut sedang sakit :

Syafakallah : Semoga Allah menyembuhkan kamu (Laki-Laki)

Syafakillah : Semoga Allah menyembuhkan kamu (Perempuan)

Syafahullah : Semoga Allah menyembuhkannya (Laki-laki)

Syafahallah : Semoga Allah menyembuhkannya (Perempuan)

Lantas, bagaimana jawaban syafakillah yang bisa diucapkan saat seseorang mendoakan kesembuhan?

Jawaban Syafakillah 

Jika seseorang yang sedang sakit masih mampu untuk menjawab, alangkah baiknya menjawab kata syafakillah dan syafakallah  yang telah diucapkan oleh seseorang yang menjenguk. 

Beberapa kata yang bisa digunakan untuk menjawab, secara sederhana bisa dengan kata terimakasih. Tapi jika ingin menjawab dengan bahasa arab juga bisa dengan kata berikut :

1. Untuk yang pertama jawaban syafakillah adalah “amin” yang berarti “Kalbulkanlah (ya Allah)”. Selanjutnya kita bisa mengucapkan terimakasih dengan ucapan syukran.

2. Selanjutnya kita bisa membalas doa syafakillah tersebut dengan berkata "Jazaakumullah Khairan", yang artinya "semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan".

Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

Sebagai sesama manusia, terlebih lagi sebagai sesama Muslim, ketika seseorang diantaranya sedang mengalami musibah, dalam hal ini ditimpa suatu penyakit. Maka kewajiban kita adalah menjenguk orang tersebut. Baik ia yang sedang ditimpa penyakit ringan terlebih lagi penyakit berat. 

Menjenguk orang sakit adalah hak antara seorang muslim dengan saudara muslim yang lain yang mesti ditunaikan. Sebagaimana dalam sabda Nabi Muhammad SAW:

“Hak seorang muslim kepada muslim lainnya ada enam.” Dikatakan, ‘Apa saja wahai Rasulullah?’. Beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Apabila berjumpa dengannya, maka ucapkan salam, apabila ia mengundang mu, maka penuhilah undangan nya, apabila ia menginginkan nasihatmu, maka berilah ia nasihat, apabila ia bersin dan ia memuji Allah, maka doa kanlah, apabila ia sedang sakit, maka jenguklah, dan apabila ia meninggal dunia, maka ikutlah ke pemakaman nya.” (H.R. Muslim)

Rasulullah SAW juga menuntun umatnya, bagaimana semestinya seorang Muslim dalam menyikapi ketika mendapati saudaranya ketika ditimpa rasa sakit. Disinilah peluang Ibadah, ada pahala yang sangat besar yang dijanjikan kepada mereka yang menjenguk saudaranya (sesama manusia) yang sedang sakit.

Itulah arti dan jawaban syafakillah dari umat muslim yang mendapatkannya dari sesama. Semoga bermanfaat!
 

Tag : #pendidikan islam    #jawaban syafakillah    #pendidikan    #arti syafakillah   

Baca Juga