Jam Gadang, Sumatera Barat

Jelang Liburan Nataru, Ini Pilihan Tempat Wisata di Sumatera Barat

Wanovy | Travel | 16-12-2021

Sumatera Barat adalah salah satu daerah terindah di Indonesia. Banyak sekali tempat wisata yang bisa Anda kunjungi disini.

Sumatera Barat yang sering di singkat Sumbar berada di barat bukit barisan sehingga memiliki bentuk geografis yang bergelombang berupa perbukitan dan pegunungan.

Sumatera Barat bukan hanya terkenal dengan ‘nasi padang’ dan masakan lain yang rasanya sudah tidak diragukan lagi. Negeri nan elok ini juga dikenal dengan falsafah kehidupan masayarakatnya, dan kekayaan budaya yang masih terjaga serta pesona alam yang indah.

Berikut adalah 10 tempat wisata yang jadi pilihan saat Anda berkunjung ke Sumatera Barat.

1. Lubuk Rantiang

Baru-baru ini ada sebuah spot baru untuk berwisata di seputaran koto tangah, yaitu Sungai Bangek. Sungai bangek mungkin sudah banyak di ketahui oleh seluruh warga Kota Padang. Namun yang kami maksud namanya Lubuak Rantiang.

Lokasinya tidak begitu jauh dari pemandian Sungai Bangek. Kira-kira sekitar 1 jam perjalanan, itu di karenakan medan yang akan di tempuh masih sedikit sulit. Karena belum ada akses yang bagus dan belum populer yang tau tentang tempat ini.

2. Istana Pagaruyung

Berkunjung ke Ranah Minang, belum lengkap bila tidak mendatangi Istano Basa. Istano Basa atau lebih deikenal dengan Istana Pagaruyung merupakan objek sosio-historis bagi masyarakat Minangkabau. Ini adalah sebuah istana yang dulunya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Pagaruyungan yang terletak di Nagari Pagaruyung, kota Batusangkar, Kab. Tanah Datar.

Istana Pagaruyung ini merupakan replika dari istana aslinya. Istana ini dibangun kembali di sisi selatan istana yang lama setelah dibakar oleh kaum paderi pada 1804, serta dibakar pada tahun 1966 dan 2007.

Di dalam istana ini, Anda akan menemui arsitektur rumah adat Minangkabau yang memuat banyak nilai-nilai budaya dan falsafah kehidupan masyarakat Minangkabau. Mulai dari ukiran, fungsi-fungsi tiap lantai, ruangan dan kamar.

3. Jembatan Siti Nurbaya

Salah satu ikon wisata di Kota Padang Sumatera Barat adalah Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan ini merupakan jembatan besar yang berdiri di atas Sungai Batang Arau. Panjang jembatan kurang lebih 100 meter dengan panjang total dari ujung ke ujung sepanjang 600 meter. Jembatan ini juga menghubungkan kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya, tempat Siti Nurbaya dimakamkan.

4. Pariangan

Nagari yang terletak di lereng Gunung Merapi ini dianggap sebagai tempat asal-muasal masyarakat dan budaya Minangkabau. Nagari yang secara administrasi masuk ke dalam kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar ini merupakan nagari yang bersejarah dan masih mencerminkan struktur sosial murni dari konsep Minangkabau tentang sebuah Nagari. Masjid, Surau dan didominasi oleh rumah-rumah tradisional (rumah gadang) dengan lumbung padi membentuk inti dari Nagari ini.

Selain dianggap sebagai tempat asal-muasal masyarakat Minangkabau, Nagari Pariangan merupakan cikal dan bakal lahirnya pemerintahan khas Minangkabau, dengan nama Nagari. Selain itu, Nagari ini juga merupakan pencetus sistem kepemimpinan “Tigo Tungku Sajarangan” di Minangkabau.

Jika Anda ingin melihat perkampungan dan cara hidup masyarakat Minangkabau seutuhnya, Maka Nagari ini merupaka pilihan yang cocok jika Anda berkunjung ke Sumatera Barat.

5. Jam Gadang

Jam Gadang sendiri sebenarnya merupakan sebuah Menara jam yang terletak di pusat Kota Bukittinggi. Menara ini memiliki jam dibagian atas ke empat sisinya.

Selain sebagai ikon Kota Bukittinggi, Jam gadang juga merupakan salah satu Kawasan wisata di Kota Bukit Tinggi. Dari jam Gadang banyak Kawasan yang dapat Anda kunjungi hanya dengan berjalan kaki, seperti Lubang Jepang, Kebun Binatang Bukittinggi, serta Pasar Atas dan Pasar Bawah yang merupakan pusat perbelanjaan dan kuliner terbesar di Bukittinggi.

Di Kawasan Jam Gadang juga terdapat taman yang cukup luas yang biasanya digunakan oleh masyarakat setempat dan wisatawan sebagai tempat berfoto, tempat nongkrong, serta tempat diadakannya acara-acar yang bersifat umum.

6. Pantai Carolina

Pantai Carolia Padang atau Pantai Teluk Bungus menjadi bukti lain bahwa keindahan alam di Sumatera Barat tak perlu di ragukan lagi. Pantai ini dulunya jarang di kunjungi dan memang dikenal sebagai sebuah pantai pribadi karena sepi oleh pengunjung. Namun saat ini Pantai Carolina telah berubah menjadi destinasi wisata sumbar khususnya padang yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Para pengunjung yang datang ke tempat ini bisa menyaksikan keunikannya. Pantai Caroline ini dikenal mempunyai garis pantai yang cukup unik yakni berbentuk seperti huruf W atau gambar hati. Kalau Anda membawa drone ke pantai ini, maka bentuk pantai seperti hati pun bakal bisa nampak jelas dari udara.

7. Pantai Padang

Pantai Padang berada di pusat kota Padang. Pantai Padang Taplau menjadi tempat terbaik untuk menhilangkan penat rutinitas sehari hari. Di Pantai Padang Taplau pengunjung dapat menikmati matahari yang perlahan-lahan turun berubah menjadi senja. Lalu mulai menyentuh cakrawala dan menebar sinar terakhir.

Pantai Padang Taplau juga memiliki beberapa pedagan makanan di warung tenda berdiri berjejer di tepi pantai, terutama pantai di depan Taman Budaya. Anda bisa menikmati minuman dingin maupun makanan ringan. Sebagai teman bersantai, Anda bisa beli kacang rebus ataupun telur rebus yang dijajakan oleh pendakang ataupun makan rujak khas Padang seru juga dinikmati di sore hari

8. Lubang Jepang

Lubang Jepang merupakan salah satu Kawasan wisata bersejarah di Kota Bukittinggi. Lubang Jepang sendiri merupakan sebuah terowongan/bungker yang dibangun tentara Jepang sebagai tempat perlindungan dan pertahanan, dengan kedalaman hingga 49 meter.

Lubang sepanjang 6 km denga pintu masuk utama di Taman Panorama ini memiliki beberapa pintu masuk lainnnya di sekitar Jam Gadang, Benteng Fort De Kock, dan Kawasan Ngarai Sianok.

Di dalam lubang ini terdapat Lorong-lorong kecil yang berfungsi sebagai ruang pertemuan, ruang amunisi, Menara pengintai, ruang penyergapan, dapur, penjara, hingga pintu pelarian.

9. Sitinjau Lauik

Sitinjau Lauik atau biasa disebut sebagai Padang Scenic Point. Sesuai dengan namanya, wisata yang paling disukai di lokasi ini yakni pengunjung dapat menikmati pemandangan yang luas serta hijau, disertai dengan pemandangan Samudera Hindia di kejauhan.

Objek wisata Sitinjau Lauik merupakan tempat wisata di Padang yang sangat sesuai sekali jika Anda mencari lokasi wisata yang mempunyai hawa sejuk, sebab Sitinjau Lauik adalah suatu tempat yang memiliki ketinggian kurang lebih 1,000 meter di atas permukaan laut.

10. Danau Singkarak

Danau ini memilik air yang jernih, Anda akan sering meilhat sampan milik nelayan yang bertebaran di permukaan danau singkarak untuk mencari ikan, ditambah banyak pepohonan yang menjadikan pemandangan hijau di sekitar danau. Pemandangan indah inilah yang akan Anda jumpai di Danau Singkarak.

Meskipun danau ini tergolong luas dan memiliki air yang jernih, tak banyak jenis ikan yang dapat hidup di perairan Danau Singkarak. Hanya ada 19 jenis ikan yang tercatat dapat hidup di danau ini. Hal ini dimungkinkan karena terbatasnya jumlah makanan dan kondisi air yang menjadi hidup ikan pada umumnya.

Tag : #tempat wisata    #sumatera barat    #liburan nataru    #padang    #minangkabau    #bukittinggi   

Baca Juga