Jelang Misa Natal, Polri Antisipasi Kepadatan Arus Lalu Lintas di Sekitar Gereja

Ilustrasi gereja. Jelang misa Natal, Polri antisipasi kepadatan arus lalu lintas di sekitar gereja. (Foto: Istock/Flocu)

PARBOABOA, Jakarta – Polri akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan arus kendaraan di sekitar gereja pada saat pelaksanaan Misa Natal malam ini, Sabtu (24/12/2022).

Direktur Penegak Hukum (Dirgakkum) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Brigjen Aan Suhanan mengatakan, rekayasa lalu lintas itu diterapkan di sekitar gereja demi memudahkan umat Kristiani untuk beribadah.

“Untuk nanti malam, kita sudah fokus ke tempat ibadah. Untuk jalur di sekitar tempat ibadah mungkin beberapa wilayah dilakukan rekayasa lalu lintas,” kata Aan di gedung Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Sabtu (24/12/2022).

Akan tetapi, Aan tidak membeberkan daerah mana saja yang akan diterapkan rekayasa lalu lintas tersebut. Menurutnya, rekayasa lalu lintas itu bersifat situasional.

“Nanti itu masing-masing wilayah, masing-masing polda tentu akan melakukan rekayasa lalu lintas. Ini untuk memperlancar arus lalu lintas yang berbeda di sekitar tempat peribadatan, itu nanti dari masing-masing wilayah yang menentukan,” ujar Aan.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan sebanyak 166.322 personel yang mengamankan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Jumlah personel itu akan terbagi dalam tiga pos, yakni pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu.

“Operasi Lilin 2022 terdiri atas total personel 166.322 personel gabungan yang ditempatkan pada 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan, dan 89 pos terpadu guna mengamankan 52.636 objek pengamanan,” kata Listyo kepada wartawan, Kamis (22/12/2022).

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS