Jenis anjing peliharaan (dok. istockphoto)

5 Jenis Anjing Yang Cocok Untuk Dipelihara, Ada Yang Seharga Rp 213 Juta

Regina | Hiburan | 27-06-2022

PARBOABOA – Anjing merupakan salah satu hewan mamalia lucu dan pintar yang bisa kalian jadikan peliharaan atau bahkan menjadi sahabat sehari-hari kalian. Selain unik dan cocok untuk dipelihara, anjing berguna sebagai moodboster terampuh kalian.

Jikalau  cukup bingung untuk memilih jenis anjing yang cocok sebagai hewan peliharaan, di bawah ini rekomendasi anjing  yang bisa parboaboa rangkum untuk kalian :

1. Golden Retriever

Anjing yang satu ini cukup bersahabat bagi manusia jikalau dijadikan sebagai peliharaan. Mereka sangat energik dan juga memiliki tenaga yang berlebih karena itu merupakan salah satu olahraga yang mereka butuhkan untuk tetap sehat dan bugar.

Di balik itu, Golden Retriever masuk ke dalam kategori anjing terpintar di dunia. Hal itu bisa dijadikan alasan untuk kalian yang ingin menjadikan hewan cerdas ini sebagai hewan peliharaan.

Ras anjing yang satu ini juga sangat menyukai air dan berenang, sebagai mana peran historis yang mereka punya sebagai salah satu anjing pemburu.

2. Chow Chow

Jenis anjing yang satu ini merupakan hewan yang berasal dari China. Anjing ini biasa disebut dengan anjing singa besar, karena bulu di sekitaran wajahnya yang lebat membuatnya tampak seperti singa, namun tetap lucu.

Anjing ini memiliki sifat yang menggemaskan dan cocok untuk kalian jadikan sebagai hewan peliharaan. Karena pada dasarnya, hewan jenis anjing yang satu ini memiliki pertumbuhan bulu yang cukup cepat dan juga lebat.

Berbanding terbalik dengan ras anjing Golden Retriever, ia tidak menyukai air karena bulunya yang lebat akan menyerap air yang ada di sekitarnya. Hal itu aja membebaninya dalam beraktivitas. Jikalau melihat anjing ini sedang berenang, ada baiknya kalian perhatikan, karena bisa saja ia tenggelam jika dibiarkan tanpa pengawasan.  

3. Tibetan Mastiff

Ras anjing Tibetan Mastiff cocok untuk dijadikan rekomendasi anjing lucu dan juga cocok sebagai hewan peliharaan. Hampir sama dengan jenis anjing Chow Chow, anjing ini memiliki bulu yang lebat di bagian leher. Anjing yang satu ini termasuk anjing yang besar.

Selain cocok untuk menjadi hewan peliharaan, jenis anjing ini berguna sebagai penjaga yang baik. Walaup tampak malas dan lesu di siang hari, itu dilakukan untuk menghemat energi agar dapat patroli pada malam hari, yang mana merupakan sifat bawaan anjing tersebut.

Tapi untuk memiliki anjing ini, kalian harus mengocek rupiah sekitar  US$ 15.000 atau Rp 213,7 juta. Hal ini menyebabkan Tibetan Mastiff menjadi anjing termahal dunia.

4. Maltese

Anjing ini sudah lama dihubungkan dengan hewan peliharaan para penguasa dan raja sejak dahulu. Dibalik itu, saat ini jenis anjing Maltese ini sendiri biasa dijadikan hewan peliharaan karena tubuhnya yang kecil dan lucu, serta rambutnya yang panjang dan halus. Pastinya sangat menggemaskan bukan?

Di samping tubuhnya yang menggemaskan, ras anjing Maltese dapat menjadi teman yang baik dengan rasa perhatian yang baik terhadap sekitarnya. Dari kepribadiannya itu, kebanyakan orang mengingininya menjadi peliharaan banyak orang.

Tapi walaupun begitu, anjing yang satu ini cukup rentan terhadap sinar matahari. Hal itu dikarenakan kulit pucat miliknya yang berada di bawah bulu akan mengalami kerusakan bila tersengat sinar matahari secara langsung.

5. Pomeranian

 Jenis anjing yang satu ini akan membuat kalian gemas akan bentuknya. Ia merupakan salah satu ras anjing terpintar di antara kawanan anjing yang lain. Selain itu, ia juga sangat aktif dan sangat butuh latihan pergerakan tubuh walaupun itu hanya sebatas berjalan-jalan di sekitaran saja.

Salah satu alasan anjing ini cocok dijadikan hewan peliharaan karena ia memiliki harapan hidup yang panjang. Tak hanya itu, jenis anjing ini memiliki sedikit kondisi kesehatan yang rentang dibanding ras anjing lainnya.

Karena merupakan anjing yang cerdas dan lincah, pomeranian sendiri membantu pemiliknya yang sibuk karena dipastikan tidak akan merepotkan, seperti mengajak bermain secara teratur dan rutin.

Nah, itu dia 5 jenis anjing yang cocok untuk kalian jadikan hewan peliharaan, kira-kira kalian ingin memelihara jenis anjing yang mana? Komen di bawah ya.  

Tag : #anjing    #hewan peliharaan    #hiburan    #hewan cerdas   

Baca Juga