Kerajinan bahan lunak Guci (Foto: Unsplash.com/Chloe Bolton)

Jenis Bahan Lunak Dibedakan Menjadi Dua Berdasarkan Sumbernya yaitu, Simak Selengkapnya!

Patrick | Pendidikan | 28-10-2022

PARBOABOA - Bahan lunak adalah bahan atau material yang memiliki karakteristik empuk dan mudah dibentuk. Bahan ini biasanya digunakan untuk berbagai kerajinan baik secara alami dan secara buatan.

Terdapat dua jenis bahan lunak yang sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan kerajinan. Bahan lunak dibedakan menjadi dua berdasarkan sumbernya yaitu bahan lunak alami dan bahan lunak buatan.

Material ini dapat dijadikan sebuah kerajinan yang karya seninya dihasilkan dengan menggunakan keterampilan tangan dan menggunakan bahan-bahan yang umumnya bersifat lunak.

Berikut ini akan dijelaskan apa perbedaan bahan lunak alami dengan bahan lunak buatan, simak selengkapnya!

Bahan Lunak Alami

Bahan lunak alami adalah sebuah bahan yang bertekstur lunak yang dihasilkan dari alam tanpa adanya campuran bahan buatan. Selain itu dapat diartikan juga dalam pengolahannya juga dilakukan secara alami.

Contoh bahan lunak alami adalah tanah liat, kulit, getah dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa hasil kerajinan bahan lunak alami beserta komponen pembuatnya.

Tanah Liat

Tanah liat merupakan produk kerajinan bahan lunak alam yang kerap ditemui di sekitar masyarakat. Tanah liat berasal dari alam dan biasanya dipakai untuk membuat vas bunga, guci, piring, tembikar, dan perlengkapan makan juga minum lainnya.

Kerajinan Rotan

Untuk kerajinan bahan lunak alam yang satu ini cukup istimewa. Sebab bila sudah diolah sedemikian rupa, bahan serat alam ini akan memiliki harga yang sangat mahal.

Semisal rotan yang diolah menjadi kursi dan meja yang antik. Tidak hanya itu, serat rotan yang lebih tipis lagi juga bisa menjadi kerajinan bahan lunak alam berupa anyaman.Anyaman sendiri sering dibuat untuk berbagai hal seperti kandang hewan ayam maupun burung.

Kulit

Kerajinan bahan lunak alam berikutnya adalah kulit. Kulit yang digunakan berasal dari kulit hewan yang sudah tersamak sehingga mudah dibentuk.

Ada beragam macam warna dari kulit ini, mulai dari hitam, putih, cokelat ataupun krem, sesuai dengan hewan yang dikuliti. Kulit hewan yang dipakai biasanya berasal dari:

  1. Kulit buaya
  2. Harimau
  3. Ular
  4. Sapi

Bahan Lunak Buatan

Bahan lunak buatan merupakan suatu bahan yang didapatkan melalui beberapa tahap-tahap proses sehingga menjadi lunak yang bisa dibentuk menjadi benda kerajinan.

Bahan ini juga cenderung lebih mahal dibandingkan dengan bahan alami karena pembuatannya menggunakan bahan-bahan kimia. Contoh dari kerajinan bahan lunak buatan adalah lilin hias, gips, parafin dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa hasil kerajinan bahan lunak buatan beserta komponen pembuatnya.

Parafin

Parafin adalah bahan yang diperoleh dari hasil olahan minya bumi. Bentuk parafin biasanya berupa lempengan. Namun, ada juga parafin yang berbentuk butiran. Kerajinan yang biasanya dibuat dengan parafin adalah lilin hias.

Bubur Kertas

Pembuatan bubur kertas bisa dilakukan dengan mencampur:

  1. Koran bekas
  2. Air
  3. Lem
  4. Tepung kanji

Perlu diingat, jika campuran air, lem serta tepung kanji haruslah sesuai, agar teksturnya tidak terlalu lembek atau mudah hancur.

Setelah sesuai dengan kerajinan yang diinginkan, jangan lupa berikan warna agar terlihat kian menarik.Contoh kerajinannya ialah tempat pensil, patung, celengan, bingkai foto, dan lain sebagainya.

Gips

Gips merupakan bahan mineral yang di dalamnya mengandung:

  1. Zat hidrat kalsium
  2. Sulfat
  3. Karbonat
  4. Sulfat nitrat

Gips lumrahnya berbentuk bubuk dan kemudian dicampur dengan air, agar menjadi adonan kental.

Jika didiamkan, adonan ini akan berubah mengeras. Sama seperti lilin, pengolahan kerajinan dari gips juga dilakukan dengan teknik cor atau cetak.

Gips cenderung memiliki tekstur yang mudah hancur, sehingga pembuatannya harus dilakukan dengan hati-hati. Contoh kerajinannya ialah:

  1. Patung hias
  2. Relief dinding
  3. Vas bunga
  4. Bingkai foto
Tag : #bahan lunak    #kerajinan tangan    #pendidikan    #bahan lunak alami    #bahan lunak buatan    #pengrajin    #pengusaha    #kesenian    #kebudayaan   

Baca Juga