Cruiser, salah satu jenis sepeda motor

Jenis-Jenis Sepeda Motor Berdasarkan Fungsi dan Kebutuhan

Sondang | Otomotif | 12-02-2022

PARBOABOA, Siantar – Sebelum membeli suatu barang, kita harus mengetahui fungsi dan kegunaan barang tersebut begitu juga dengan sepeda motor. Hal ini tak lain untuk mencegah kesalahan saat memilih motor.

Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang banyak dipakai masyarakat Indonesia. Ada beragam jenis sepeda motor tergantung dari tujuan penggunaannya. Bahkan ada jenis sepeda motor yang tidak dapat sembarangan digunakan di jalanan umum.

10 Jenis Sepeda Motor Berdasarkan Fungsi dan Kebutuhan

1. Scooter

Scooter atau skuter merupakan jenis sepeda motor yang menempati segmen pasar paling besar, khususya di Asia. Di awal kehadirannya, skuter hanyalah jenis motor yang berbentuk kecil dengan mesin 2 tak.

Namun kini, skuter di Indonesia memiliki transmisi otomatis dan telah diperkenalkan dengan tipe yang lebih besar untuk kenyaman berkendara, bagasi lebih luas, dan mampu menempuh perjalanan jauh.

Skuter sering digunakan pada daerah-daerah yang cenderung memiliki jalan aspal halus seperti di perkotaan. Selain itu, skuter memiliki mesin dengan kapasitas kecil sehingga kurang cocok digunakan untuk ngebut.

2. CUB

Tak kalah populer, sepeda motor jenis CUB atau bebek juga sangat mudah ditemukan di Indonesia. Motor ini memiliki ciri khas bentuk rangkanya yang melengkung ke atas seperti leher bebek.

Desain yang diterapkan pada motor ini sangat memudahkan para wanita yang menggunakan rok agar mudah dalam mengendarainya. Sama seperti skuter, motor ini juga memiliki kapastitas mesin yang tidak terlalu besar.

Meski demikian, di Indonesia motor bebek justru digunakan sebagai motor dalam ajang balap. Dan tentunya dengan melakukan perubahan-perubahan dari sektor mesin dan lain sebagainya.

3. Sport

Selanjutnya yaitu jenis motor sport atau yang lebih dikenal dengan motor balap. Motor ini memang identik dengan desain bodinya yang sangat aero dinamis. Desain bodi tersebut biasanya digunakan dalam ajang balap motor agar membuat aliran angin lebih lancar dan tidak menghambat laju dari motor.

Biasanya, motor jenis ini memiliki kapasitas mesin yang cukup besar. Namun saat ini telah banyak motor sport yang digunakan di jalanan umum tentu dengan performa mesin yang dibatasi.

4. Naked

Kemudian ada sepeda motor jenis naked yang berarti motor sport tanpa tambahan body berupa firing. Motor ini biasanya digunakan di daerah kota-kota sebagai motor harian. Selain itu, dari segi posisi berkendara juga akan lebih nyaman dan tidak membungkuk seperti motor sport.

5. Cruiser

Kelima, sepeda motor jenis cruiser dengan bentuk bodi yang besar dan posisi berkendara dijamin sangat nyaman. Motor ini umumnya digunakan untuk keperluan berkendara jarak jauh. Sebab, kapasitas mesin yang ada pada jenis motor ini sangat besar dan cocok digunakan pada jalanan aspal yang cukup lebar.

6. Sport Tourer

Sport Tourer merupakan jenis sepeda motor yang memiliki fungsi untuk perjalanan jauh layaknya cruiser. Namun, bentuk dari motor ini lebih mirip dengan motor sport.

Motor jenis Sport Tourer memiliki ukuran yang lebih lebar dan terkadang dilengkapi dengan kotak khusus untuk menyimpan barang bawaan selama perjalanan panjang, baik itu pakaian hingga bahan makanan.

7. Enduro

Lanjut, sepeda motor dengan jenis endure atau lebih dikenal dengan sebutan motocross. Sebenarnya, motor ini diperuntukkan untuk digunakan pada berbagai jenis jalanan baik aspal maupun tanah berbatu.

Motor jenis ini biasanya digunakan pada event balap di gurun dengan jarak ratusan kilometer yang memang membutuhkan motor segala medan dan ketahanan mesin yang sangat baik.

8. Trail

Kemudian ada Trail merupakan jenis motor yang mirip dengan motocross. Namun jika dilihat seksama, keduanya memiliki perbedaan yang mencolok. Trail dirancang untuk digunakan melawati jalanan berbatu dan rintangan khusus yang terkadang harus dilalui dengan cara melompat antar batuan.

Bentuk dari motor ini sangat ramping dan berbobot ringan. Selain itu, Trail dirancang tidak memiliki kursi untuk duduk karena memang pengendara motor ini harus berdiri agar lincah dalam melewati berbagai rintangan.

9. ATV

Sepeda motor ATV merupakan jenis motor yang memiliki roda berjumlah 4 buah. Motor ini biasanya digunakan di area yang berbatu atau jalanan berlumpur. Oleh karena itu, motor ini tidak akan bisa ditemukan di jalanan umum.

ATV biasanya digunakan untuk membawa barang yang cukup banyak ke area yang tidak bisa dilalui mobil. Meski memiliki roda berjumlah 4, motor ini tetap didesain seramping mungkin.

10. Three Wheelers

Terakhir, sepeda motor jenis Three Wheelers yang sangat unik karena memiliki dua roda di bagian depan dan satu roda dibagian depan. Hal ini dimaksudkan agar pengendara merasa lebih nyaman dan aman saat melakukan tikungan. Uniknya, roda bagian depan ini akan bergerak miring segaris dengan kemiringan dari motor yang dikendarai.

Itulah 10 jenis sepeda motor berdasarkan fungsi dan kebutuhan.

Tag : #sepeda motor    #jenis motor    #otomotif   

Baca Juga