Ilustrasi jenis keyboard selain QWERTY: Keyboard Maltron

Gak Cuma QWERTY, Ini Jenis- Jenis Keyboard yang Juga Sering Digunakan

Wanovy | Teknologi | 24-01-2022

PARBOABOA - Sebelumnya kita sudah pernah membahas bagaimana sejarah susunan QWERTY pada keyboard. Tapi, tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis keyboard untuk perangkat PC yang juga sering digunakan selain QWERTY.

Nah, kali ini kita akan membahas apa saja jenis-jenis keyboard tersebut. Simak artikel ini sampai selesai ya!

Keyboard merupakan salah satu perangkat input yang digunakan untuk mengetik data (text) di komputer. QWERTY adalah tipe papan ketik yang paling umum kita gunakan. QWERTY juga tidak hanya ada pada komputer, namun juga papan ketik smartphone.

Tipe papan ketik sendiri sudah muncul pertama kali pada taun 1973, lho. Sejak itu, papan ketik mengalami perkembangan yang cukup luar biasa.

Menurut sejarahnya, sebelum tersusun seperti sekarang ini, huruf disusun secara alfabetis. Namun, susunan huruf tersebut justru membuat keyboard macet dan membuat proses pengetikan tidak efisien.

Barulah kemudian susunannya dirombak dan huruf awal dari sisi kiri menjadi "Q-W-E-R-T-Y" yang akhirnya dipantenkan pada tahun 1868.

Christoper Sholes, sang penemu keyboard QWERTY, mengeklaim bahwa tata letak huruf QWERTY akan mengurangi tingkat kerusakan mesin tik.

Selain QWERTY, ada beberapa jenis keyboard lain yang pernah diciptakan, namun tidak umum digunakan. Berikut beberapa jenis keyboard selain QWERTY yang sering digunakan:

1. DVORAK

Jenis keyboard DVORAK memiliki papan huruf dengan susunan karakter yang dipatenkan oleh August Dvorak yang merupakan seorang professor pendidik dari Universitas Washington di Seattle pada tahun 1936. Keyboard Dvorak dianggap sebagai alat alternatif yang ergonomis bagi tukang ketik selain QWERTY.

Meskipun tidak sepopuler QWERTY, namun keyboard ini mendapat dukungan dari perusahaan sistem operasi besar seperti Microsoff Windows, Linux, BSD, dan Mac OS loh.

2. AZERTY

Dimaksudkan untuk menggantikan peran papan ketik QWERTY, jenis keyboard AZERTY kemudian hadir. Sesuai namanya, tipe ini mengganti huruf Q dengan huruf A supaya lebih mudah dicari.

AZERTY paling banyak digunakan di negara Prancis dan jajahannya, semenanjung Afrika. Yang sedikit unik yaitu tombol paling atas dari AZERTY adalah simbol, bukan nomor.

Sebagai informasi, perubahan susunan pada keyboard QWERTY menjadi AZERTY ini muncul karena adanya penyesuaian dengan bahasa Prancis tersebut.

3. KLOCKENBERG

Jenis keyboard KLOCKENBERG ini berbentuk terpisah yakni bagian kiri dan kanan dengan sudut 15 derajat serta dibuat dengan miring ke bawah. Keyboard KLOCKENBERG lebih nyaman digunakan dengan tombol-tombol yang lebih dekat dengan meja kerja. Keyboard KLOCKENBERG dianggap lebih mengurangi beban otot pada jari-jari dan pergelangan tangan, sekaligus mengurangi beban otot pada tangan dan bahu, namun kekurangannya adalah lebih memakan banyak ruang.

4. MALTRON

Keyboard Maltron mempunyai desain yang unik, karena ada dua bagian huruf yang terpisah pada satu papan dengan bagian angka di tengah-tengahnya.

Pada kumpulan huruf yang diketik dengan tangan kiri, kombinasi hurufnya disebut dengan ANIFS, sedangkan pada kumpulan huruf yang diketik dengan tangan kiri kombinasinya disebut DTHOR.

Selain itu, ada pula 5 jenis keyboard Maltron, yakni dua jenis yang bisa digunakan secara umum, sedangkan tiga jenis sisanya bisa digunakan oleh orang dengan kebutuhan khusus atau disabilitas.

5. JCUKEN

Khusus untuk negara Rusia, papan ketik QWERTY dianggap tak berguna. Dengan huruf resmi bernama Cyrillic, otomatis huruf alfabet tidak diperlukan. JCUKEN adalah tipe papan ketik yang secara default dipakai di negara ini.

Penerapan papan ketik ini berlangsung sejak 1917 saat Rusia reformasi. Jika diterjemahkan dalam huruf alfabet, urutan huruf JCUKEN adalah FYWAPROLDV.

6. COLEMAK

Colemak adalah tata letak keyboard untuk huruf latin-script, dibuat oleh dan dinamai Shai Coleman pada tahun 2006. Layout keyboard ini dirancang untuk membuat pengetikan lebih efisien dan nyaman dengan menempatkan huruf paling sering digunakan.

7. PALANTYPE

Tata letak jenis keyboard Palantype mempunyai 3 kelompok karakter, yaitu bagian kiri, tengah, dan kanan. Bagian-bagian tersebut dikelompokan masing-masing sesuai konsonannya.

Seperti bagian kiri menjunjukkan konsonan awal sebuah kata, bagian tengah kelompok bagian vokal, dan bagian kiri menunjukkan kelompok terakhir dari sebuah kata atau suku kata.

Meskipun demikian, jenis keyboard ini tidak memuat semua huruf atau konsonan. Huruf-huruf yang tidak ada dapat disajikan menggunakan kombinasi beberapa tombol yang ada. Tentu saja dengan tata letak seperti itu, keyboard Palantype tidak memakan banyak ruang.

8. STENOTYPE

Stenotype merupakan salah satu jenis keyboard yang kerap digunakan untuk mencatat ucapan seseorang. Keyboard ini banyak digunakan oleh para wartawan untuk mencatat hasil wawancaranya dengan lebih cepat. Dan papan ketik ini mempunyai keunggulan yang kurang lebih sama dengan Palantype.

Nah, itulah beberapa jenis keyboard selain QWERTY yang juga banyak digunakan. Semoga bermanfaat!

Tag : #qwerty    #sejarah qwerty    #keyboard qwerty     #jenis keyboard   

Baca Juga