Piala Dunia Antarklub FIFA

Jepang Ungkap Alasan Mundur Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia Antarklub FIFA

Sondang | Internasional | 09-09-2021

PARBOABOA, Tokyo - Jepang baru-baru ini menyatakan mundur dari peran sebagai tuan rumah Piala Dunia Antarklub karena alasan khawatir penyebaran COVID-19.

Padahal, ini akan menjadi kali kesembilan Jepang menjadi tuan rumah acara tahunan, tetapi mereka terpaksa mundur karena kekhawatiran tentang COVID-19. Hanya tiga bulan sebelum seharusnya dimulai, Piala Dunia Antarklub FIFA tahun ini harus mencari tuan rumah baru.

Sebenarnya, JFA bersiap kembali jadi tuan rumah untuk kali pertama dalam lima tahun, demi menyambut 100 tahun federasi mereka berdiri. Meski begitu, risiko penyebaran virus dan sulitnya mendapatkan profit karena batasan penonton jadi alasan utama penarikan diri ini.

Jadi, alih-alih kerumunan penuh mencapai 60.000 atau lebih banyak orang, JFA terpaksa hanya mengizinkan kerumunan yang berkurang. Dan itu sudah menyebabkan tekanan keuangan pada organisasi yang kehilangan keuntungan $45,4 juta (¥5 miliar) antara 2019 dan 2020.

Selain itu, Jepang tidak dapat memiliki penggemar (penonton) di acara tim nasional, dan pukulan finansial besar-besaran dalam hal pendapatan matchday telah memaksa JFA menggunakan tabungan mereka pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Dengan demikian, setelah mengevaluasi berbagai hal dengan hati-hati, JFA telah memutuskan bahwa mereka tidak akan mampu menjadi tuan rumah acara tersebut, membuat FIFA berebut untuk membuat keputusan.

Karena penarikan diri ini, gelaran laga final Piala Kaisar yang biasanya dihelat pada tahun baru, akan bisa dilangsungkan lebih dini pada 19 Desember, yang seharusnya jadi tanggal gelaran Piala Dunia Antarklub.

Sampai saat ini, FIFA belum memutuskan di mana turnamen akan digelar, atau kapan turnamen akan digelar dengan biasanya dihelat pada bulan Desember.

Ada kemungkinan mereka akan menemukan tuan rumah alternatif dan turnamen akan berjalan seperti biasa pada bulan Desember mendatang. Pemenang Liga Champions Chelsea di antara para peserta. Atau, kompetisi mungkin akan diundur pada awal 2022.

Tag : #Jepang    #FIFA    #Piala Dunia    #Mundur    #Internasional   

Baca Juga