Manfaat Jeruk Limau untuk Kesehatan Ginjal, Kulit, dan Daya Tahan Tubuh

Jeruk limau (Foto: Parboaboa/Yesika)

PARBOABOA- Manfaat jeruk limau umumnya sebagai pelengkap bumbu masakan. Selain cita rasa kecut dan pahit, aroma segar dari buah yang satu ini tak kalah menggoda.

Namun, tahukah kamu bahwa jeruk limau memiliki kandungan nutrisi yang beragam dan menyehatkan tubuh? Berkat dari kandungan nutrisi tersebut, buah berukuran kecil ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, apalagi saat pandemi COVID-19 beberapa waktu lalu.

Lantas, apa saja manfaat jeruk limau untuk kesehatan tubuh? Berikut Parboaboa sudah merangkum dari berbagai sumber. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Jeruk Limau

Jeruk limau (Foto: Parboaboa/Yesika)

Meskipun ukurannya kecil, jeruk limau sarat dengan nutrisi, terutama vitamin C. Satu buah jeruk limau berukuran sedang (67 gram) bisa memberi kamu  asupan vitamin C lebih dari 20 persen kebutuhan harian. Buah ini juga mengandung sejumlah kecil zat besi, kalsium, vitamin B6, tiamin, kalium, dan banyak lagi. Berikut manfaat jeruk limau:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jeruk limau adalah buah yang memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi. Hal ini sangat baik untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh sehingga akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Ilustrasi manfaat jeruk limau untuk menjaga Kesehatan Kulit (Foto: Shutter Stock)

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition, mengatakan bahwa wanita yang memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari bisa menurunkan risiko munculnya kerutan dan kulit kering pada tubuh. Karena vitamin C membantu tubuh untuk membuat kolagen pada kulit. Dengan begitu, kulit akan menjadi lebih kuat dan sehat.

3. Mencegah Batu Ginjal

Jeruk limau adalah buah sitrus yang memiliki kandungan asam sitrat. Kandungan ini membantu meningkatkan kadar sitrat dalam tubuh dan menurunkan mineral yang dapat membentuk batu dalam ginjal.

4. Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh jeruk limau dapat mencegah perkembangan sel abnormal yang memicu penyakit kanker.

5. Menyembuhkan Sariawan

Selanjutnya manfaat dari jeruk limau ialah sebagai obat sariawan paling bagus dan juga paling ampuh diantara berbagai jenis jeruk dan buah-buahan bervitamin C lainnya.

6. Mengobati Sakit Batuk

Jeruk limau (Foto: Parboaboa/Yesika)

Campuran antara jeruk limau serta kecap merupakan salah satu obat tradisional yang sangat ampuh untuk penyakit batuk dan radang tenggorokan yang di alami.

7. Dapat Menurunkan Demam

Mengkonsumsi perasaan jeruk limau yang dicampur dengan air hangat akan membantu memberikan efek yang baik untuk meredakan panas dan juga demam yang di alami.

8. Mengurangi Bau Badan

Perasan jeruk limau dapat digunakan untuk membersihkan badan dan juga menghilangkan bau badan. Hal ini disebabkan oleh sifat alami dari jeruk limau yang mampu membunuh kuman, salah satunya adalah kuman penyebab bau badan.

9. Baik untuk Penderita Diabetes

Jeruk limau dapat mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh, sehingga baik untuk penderita diabetes. Selain itu, jeruk limau juga diketahui sangat baik untuk mengobati kencing manis.

10. Membantu Meredakan Gejala Mabuk

Gejala mabuk bisa hilang dengan meminum air jeruk limau, baik itu mabuk karena minuman keras ataupun mabuk dalam perjalanan. Hal ini karena khasiat jeruk yang dapat mengurangi gejala mabuk, seperti pusing, mual dan juga muntah.

11. Menjadi Sabun untuk Mencuci Tangan

Tangan yang kotor oleh makanan, bisa bersih dan segar apabila kita mencuci tangan dengan air yang sudah tercampur dengan potongan jeruk limau.

12. Untuk Membersihkan Lemak pada Peralatan Dapur

Hampir semua produk pencuci perabotan dapur dan alat masak memiliki kandungan jeruk limau di dalamnya. Hal ini karena jeruk limau merupakan salah satu solusi yang cukup jitu untuk membersihkan peralatan dapur dari noda lemak yang membandel.

Itulah beberapa manfaat jeruk limau yang wajib untuk di ketahui. Tertarik membuktikan khasiatnya?

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS