Jinan Jedi K750 Concept yang dipamerkan pada event International Motorcycle Show di China.

Jinan Jedi K750 Concept, ingin patahkan Stigma Murahan Motor China

Maraden | Otomotif | 18-10-2021

PARBOABOA – Perusahaan otomotif asal China Jinan Jedi memperkenalkan motor konsep supersport yang dinamakan K750 Concept. Motor ini sekilas mirip kendaraan dalam film fiksi ilmiah Star Wars. Motor konsep itu dipamerkan di China 2021 pada event International Motorcycle Show yang diadakan baru-baru ini.

Hadirnya K750 Concept disebut-sebut akan mematahkan stigma negatif yang selama ini melekat pada sepeda motor asal negeri China. Banyak produsen otomotif di Tiongkok yang dicap mengkloning merek lain yang sudah terkenal sebelumnya. Mematahkan stigma itu, Jinan pun memperkenalkan motor konsep Jedi K750.

Tampilan keseluruhan motor Jedi K750 mengedepankan gaya yang sporty. Secara desain motor tersebut sekilas tampak seperti motor sport listrik. Fairingnya dibuat dengan bentuk cukup tajam tapi tetap dengan desain dan grafis yang minimalis.

Meski masih merupakan konsep, Jinan mengharapkan motor ini bisa menambah portofolio produk China yang punya kualitas bagus di dunia otomotif internasional. Nama "Jedi" sendiri, menurut Jinan tidak terinspirasi dari Star Wars. Tidak ada hubunganya Jedi K750 dengan film tersebut. Terkait kemiripan, Jinan mengatakan itu dikarenakan Jedi K750 yang mengambil konsep futuristik.

Jinan Jedi K750 yang hadir dengan tampilan modern, namun masih menggunakan mesin yang masih konvensional. Mesin yang ditanamkan pada Jedi K750 berkubikasi 730cc dengan kode JD283MV. Mesin dengan struktur DOHC dengan 2- silinder parallel-twin itu sanggup memuntahkan tenaga sebesar 68 Horse power dan torsi 49 ft-lbs. Performa motor itu disebut-sebuat akan mirip dengan Kawasaki Ninja 650.

Pihak Jinan Motors meyakini Jedi K750 akan menarik perhatian generasi muda, terutama di Asia yang menyukai motor bergaya radikal dan memiliki performa yang lumayan.

Kedepannya pihak Jinan akan melakukan evaluasi final terkait produksi massal motor Jedi K750 tersebut. Bukan tidak mustahil motor tersebut menjadi alternatif bagi penikmat motor sport di Asia yang bosan dengan dominasi Ninja, Yamaha dan Honda.

Jinan Jedi adalah perusahan otomotif Tiongkok yang berdiri di tahun 1975. Dulunya pabrik ini memasok sepeda motor ke polisi dan sektor keamanan di negara China. Kemudian perusahaan tersebut memutuskan untuk terjun ke pasar konsumen publik.

Tag : #otomotif    #motor sport    #superbike    #sportbike    #jinan jedi motors    #motor cina    #mocin   

Baca Juga