ilustrasi jok mobil

Jok Mobil Terkena Jamur? Ini Cara membersihkannya

Dimas | Otomotif | 19-03-2022

PARBOABOA – Cuaca yang tidak menentu merupakan salah satu faktor terbesar yang menyebabkan tumbuhnya jamur pada mobil. Selain bagian luar, bagian dalam mobil juga sangat rentan ditumbuhi oleh jamur, salah satunya pada bagian jok mobil.

Jika kondisi mobil dalam keadaan demikian, segara bersihkan jamur pada jok agar tetap merasa nyaman saat digunakan.

Membersihkan jok pada mobil sangatlah mudah dilakukan. Adapun beberapa cara yang dapat digunakan untuk membersihkan jok pada mobil, yaitu:

1. Persiapkan alat dan perlengkapan  

Sebelum jok dibersihkan, ada baiknya peralatan dan seluruh perlengkapkan di persiapkan. Alat- alat yang akan digunakan nantinya, yakni:

- Vacuum cleaner/kemoceng/sapu kecil

- Sarung tangan

- Masker dan Kacamata pengaman (opsional)

- Cairan pembersih interior

- Sikat

- Kain lap bersih

2. Posisikan mobil di tempat yang datar dan memiliki sirkulasi udara yang baik  

Tahapan ini penting digunakan guna memudahkan dalam membersihkan jok. Selain itu, pastikan sirkulasi udah tempat mobil terparkir cukup lancar. Hal tersebut berguna untuk mengeluarkan bau-bau tak sedap pada bagia dalam mobi.

3. Bersihkan Interior dan buang sampah-sampah yang ada di dalam mobil

Gunakan Vacuum Cleaner untuk membersihkan kotoran di sela-sela interior mobil yang sulit dicapai. Namun jika tidak memiliki Vacuum Cleaner, bisa juga diganti dengan kemoceng dan sapu kecil. Pastikan bagian dalam mobil telah bersih dari kotoran dan sampah.

4. Bersihkan jok mobil dengan pembersih khusus

Pada tahap ini, sebaiknya cairan pembersih yang digunakan adalah cairan khusus untuk membersihkan interior mobil. Karena cairan ini memiliki zat dan senyawa khusus yang lebih ampuh untuk membersihkan kotoran-kotoran pada interior mobil seperti jamur pada jok.

Setelah diberikan cairan pembersih, sikat jok mobil yang berjamur secara perlahan hingga jamur pada jok hilang.

Gunakan sarung tangan, kacamata pelindung, dan masker selama membersihkan area jok mobil. Hal ini guna mencegah zat-zat berbahaya masuk ke dalam tubuh kita.

5. lap jok mobil dengan kain bersih serta keringkan

Tahapan cara menghilangkan jamur di jok mobil yang selanjutnya adalah dengan mengelap permukaan jok dengan kain bersih dan kering. Bersihkan sisa-sisa cairan yang tersisa dengan kain lap hingga permukaan jok kering. Kemudian tunggu hingga jok kering dengan sempurna.

Itulah beberapa cara membersihkan jok pada mobil. Sangat mudah bukan?

Lakukan pembersihan secara rutin agak interior mobil tetap bersih, wangi dan nyaman saat digunakan.

Tag : #mobil    #jamur    #otomotif    #jok    #vacum cleaner    #interior   

Baca Juga