Presiden Joko Widodo berdiri di depan tenda usai memimpin seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Foto: merdeka.com/Laily Rachev)

Jokowi Akan Lakukan Peletakan Batu Pertama Istana di IKN Nusantara Bulan Ini

Wulan | Nasional | 17-08-2022

PARBOABOA, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal segera mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) Istana Negara pada Agustus ini.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Heru mengatakan, kunjungan tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Ke IKN jadi, sebelum Agustus selesai. Saya sedang koordinasi dengan Menteri PUPR, insya Allah kita lihat," ujar Heru di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).

"(Untuk groundbreaking) Istana Negara," tambahnya.

Heru mengaku, sejauh ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Ia menyebut rencana kunjungan ke IKN Nusantara kemungkinan tak dilakukan dalam pekan ini lantaran Jokowi sebelumnya sudah memiliki agenda di daerah lain.

"Besok ke Karawang. Akhir Agustus kunjungan ke daerah timur," ucapnya.

Heru juga menjelaskan, selain ground breaking pembangunan IKN, Jokowi juga dijadwalkan untuk melantik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Briokrasi (MenPAN-RB) untuk menggantikan Tjahjo Kumolo.

"Jadi ada dua insya Allah (agenda akhir Agustus), insya Allah ground breaking Istana Negara dengan pelantikan menteri nanti," kata Heru.

Meski telah memastikan akan ada pelantikan MenPAN-RB, Heru enggan membeberkan sosok yang akan dilantik tersebut. Ia mengatakan pelantikan MenPAN-RB itu sempat ditunda karena Jokowi memiliki banyak kesibukan.

"Tapi yang jelas sudah ada (nama calon MenPAN-RB) di beliau. Dan ini ranah Mensesneg dan Pak Seskab. Doain ada waktu untuk beliau bisa melantik," kata Heru.

Sebelumnya, Jokowi mencanangkan pemindahan ibu kota negara ke IKN Nusantara. Rencana itu telah disetujui oleh DPR melalui Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Jokowi juga telah menunjuk seniman I Nyoman Nuarta untuk mendesain kompleks istana kepresidenan yang baru. Istana itu diketahui akan berbentuk berbentuk burung garuda lengkap dengan lingkungan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Tag : #jokowi    #ikn nusantara    #nasional    #ibukota baru    #ground breaking    #heru budi hartono    #pelantikan menpan rb   

Baca Juga