Jalur Pantai Selatan Jawa mulai dilintasi para pemudik (ANTARA/Aditya Pradana Putra)

Dijamin Aman, Jokowi Akan Promosikan Jalur Pantai Selatan Jawa untuk Mudik

Wulan | Nasional | 21-04-2022

PARBOABOA, Jakarta – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, berencana mempromosikan Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa sebagai jalur alternatif mudik tahun ini.

Hal itu diketahui dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Ia menuturkan Jokowi akan berangkat ke Pantai Selatan Jawa antara Selasa (26/4) atau Kamis (28/4).

"Kami ingin mempromosikan, mudah-mudahan pak presiden pada Selasa atau Kamis akan ke Pansela. Kami promosikan betul lewat sana," kata Basuki pada Rabu (20/4).

Basuki menghimbau masyarakat agar selalu memanfaatkan jalur Pansela untuk balik ke kampung halaman. Hal ini dilakukan guna menghindari kemacetan semasa arus mudik dan balik.

Ia juga mengatakan jalur Pansela aman dan nyaman. Bahkan, pemandangannya bisa dipamerkan di media sosial.

"Bagus jalannya, pemandangannya bagus, jadi dari Bandung, Sukabumi, langsung bablas ke Pacitan, dari Banten ke Bayah (Banten) lewat semua itu, nyaman, aman, serta instagramable," ujar Basuki.

Selain menyediakan jalur alternatif, Basuki juga menyarankan masyarakat  untuk mudik lebih awal mulai akhir pekan ini agar tidak terjebak macet. Pasalnya, puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 28 April-30 April 2022.

"PUPR yang WFH boleh pulang dulu, kan ada WFH 50 persen atau 25 persen dalam kondisi sekarang bisa mudik dulu. Saya sampaikan tidak ada open house, tidak ada buka bersama, boleh pulang bergerak semua," pungkas Basuki.

Tag : #jokowi    #pansela    #nasional    #jalur mudik    #menteri pupr    #basuki hadimuljono    #mudik 2022    #jalur mudik dan balik   

Baca Juga