Presiden Indonesia Joko Widodo (Tirto.ID)

Jokowi Akan Salurkan BLT Minyak Goreng Kepada 20,5 Juta Penerima Pada April 2022

Dimas | Nasional | 02-04-2022

PARBOABOA,Jakarta - Menanggapi kasus kenaikan harga minyak goreng dalam beberapa bulan terakhir, pemerintah umumkan akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng untuk 3 bulan ke depan kepada masyarakat Indonesia.

Pengumuman tersebut diucapkan langsung oleh Presiden Joko Widodo dalam keterangan pers di Istana Merdeka pada 1 April 2022 yang lalu.

Jokowi menyampaikan, BLT minyak goreng akan diberikan untuk bulan April, Mei hingga Juni 2022 sebesar Rp100.000 per-bulannya. Namun, pembayaran BLT tersebut nantinya akan dirangkap 3 bulan sekaligus dan dibayarkan pada April 2022.

“Pemerintah akan memberikan bantuan tersebut untuk tiga bulan sekaligus, yaitu April, Mei, dan Juni yang akan dibayarkan di muka pada bulan April 2022 sebesar Rp 300.000,” kata Jokowi sebagaimana dikutip dari laman resmi Setkab, Jumat (1/4/2022).

Terkait siapa saja yang akan menerima BLT minyak goreng, Jokowi mengatakan, BLT akan dibagikan kepada 20,5 juta keluarga yang tergabung dalam Program Bantuan Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) serta Pedagang kali Lima (PKL).

“Bantuan itu akan diberikan kepada 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2,5 juta PKL yang berjualan makanan gorengan,” jelas Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengingatkan kepada sejumlah kementerian/lembaga, seperti Kementrian Sosial (Kemensos) yang bertanggung jawab pada program PKH dan BPNT untuk berkoordinasi guna menyiapkan penyaluran BLT minyak goreng ini.

“Saya minta Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, dan TNI, serta Polri berkoordinasi agar pelaksanaan penyaluran bantuan ini berjalan dengan baik dan lancar,” ucap Jokowi.

Terakhir, Jokowi menilai lonjakan harga minyak goreng akibat tingginya harga minyak sawit di pasar internasional, sangat membebani masyarakat. Untuk itu pemerintah hadir guna meringankan beban tersebut.

“Kita tahu harga minyak goreng naik cukup tinggi sebagai dampak dari lonjakan harga minyak sawit di pasar internasional,” kata Jokowi.

“Untuk meringankan beban masyarakat, pemerintah akan memberikan BLT minyak goreng,” ujar Jokowi menambahkan.

Tag : #blt minyak goreng    #jokowi    #nasional    #pkh    #bpnt    #kemensos   

Baca Juga