Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Medan (Dok: detik.com)

Atasi Banjir Rob, Jokowi Bakal Bangun Tanggul di Medan

Dimas | Daerah | 07-07-2022

PARBOABOA, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi pernah meminta bantuan pemerintah pusat untuk mengatasi masalah banjir rob yang terjadi di kawasan Belawan, Medan.

Menanggapi hal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal membangun tanggul untuk mengatasi banjir rob tersebut. Jokowi mengatakan pembangunan tanggul akan dimulai secepatnya.

"Sebentar lagi, baru dalam proses lelang. Selesai lelang, langsung bisa dijalankan," kata Jokowi di Medan, Kamis (7/7).

Jokowi mengungkapkan, banjir rob di Belawan selama ini tidak pernah ditangani. Bahkan, ia menyebutkan permasalahan banjir tersebut sudah terjadi selama puluhan tahun.

"Karena memang ini sudah berpuluh tahun banjir rob di sini dan tidak ditangani, ini kita mulai," ujarnya.

Sebelumnya, Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan bakal menggelar rapat dengan Wali Kota Medan Bobby Nasution pada awal pekan ini. Rapat tersebut bakal membahas permasalahan banjir rob yang terjadi di Belawan, Medan.

Menurut Edy, pemerintah pusat perlu turun tangan mengatasi banjir rob di Medan. Sebab, pemerintah daerah atau kota sudah tidak mampu mengatasi masalah tersebut.

"Untuk menyelesaikan tanggul rob, negara harus turun. Jadi, tidak mampu provinsi, apalagi kota. Besok (Selasa) dilihat Presiden, diperintahkan PUPR," kata Edy dalam rapat di Medan, Senin (4/7).

Tag : #presiden jokowi    #edy rahmayadi    #daerah    #banjir rob    #sumut    #berita sumut   

Baca Juga