Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden RI Joko Widodo bakal bertemu bulan ini. TASS

Jokowi bakal Bertemu Putin, Moskow: Ini Kunjungan Penting

Dion | Internasional | 15-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Presiden Joko Widodo bakal berkunjung ke Moskow, Rusia, untuk menemui Presiden Vladimir Putin pada akhir bulan ini. 

“Ini akan menjadi kunjungan yang sangat penting. Sekarang kami sedang mempersiapkannya. Ini akan menjadi kunjungan ke Moskow oleh Presiden Indonesia Joko Widodo pada 30 Juni,” kata seorang sumber Kremlin seperti dikutip dari kantor berita Sputnik, Rabu (15/6/2022).

Media Rusia, TASS, juga menyebutkan jika Indonesia adalah mitra penting bagi Rusia. Moskow telah mempertahankan hubungan politik dan ekonomi yang intensif dengan Jakarta sejak lama, kata sumber Kremlin. 

Sebelumnya, selaku ketua KTT G20, Indonesia telah mengundang Putin ke konferensi organisasi antar pemerintahan tersebut. 

Akan tetapi, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva mengatakan, Putin belum tentu bisa hadir dalam pertemuan yang rencananya digelar di Bali pada November mendatang itu. 

Pada 2021 lalu ketika Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu di Jakarta, keduanya sempat membahas kunjungan Putin ke Indonesia. 

Awalnya Putin dijadwalkan berkunjung ke RI pada 2020, untuk memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Rusia. 

Namun demikian, rencana itu tertunda sampai waktu yang belum dapat ditentukan. Di antaranya karena perkembangan situasi politik di Rusia. 

Tag : #joko widodo    #vladimir putin    #internasional    #jokowi    #moskow    #rusia    #indonesia   

Baca Juga