Jokowi Ingin IKN Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036 (Dok. inibalikpapan.com)

Jokowi Ingin IKN Nusantara Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

Juni | Olahraga | 03-08-2022

PARBOABOA – Menteri Pemuda dan Olahraga(Menpora) Zainudin Amali diminta untuk mengajukan ibu kota negara (IKN) Nusantara jadi tuan rumah olimpiade 2036.

Hal itu disampaikan oleh Menpora setelah menghadap Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Rabu (3/8/2022) pagi.

"Rencana kita, semua fasilitas-fasilitas olahraga, baik yang utama dan pendukung, akan dibangun di IKN," ujar Zainudin di Youtube Sekretariat Presiden.

"Dan sekaligus beliau [Jokowi] beberapa waktu yang lalu sudah memberikan arahan kepada saya untuk kita bidding menjadi rumah Olimpiade 2036, tapi proposal itu sudah mencantumkan pelaksanaannya ada di IKN," sambungnya.

Sebelumnya, National Olympic Committee (NOC) Indonesia telah resmi mengajukan sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2036. Keputusan itu diambil setelah Indonesia gagal menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Indonesia kalah bersaing dengan Australia, Brisbane, sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Di bidding Olimpiade 2036, Indonesia akan disaingkan dengan sejumlah negara besar, termasuk China, Inggris, Rusia, hingga Italia.

Selain itu, Menpora juga mengungkapkan keinginan Jokowi untuk membangun fasilitas sepak bola di wilayah Kalimantan Timur tersebut.

"Pak Presiden setelah melihat perkembangan sepak bola semakin baik, maka beliau memberikan arahan kepada saya dan Ketua Umum PSSI untuk membangun training camp sepak bola yang lengkap di IKN," ujar Amali.

Bersamaan dengan itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan juga menyambut baik rencana Jokowi membangun pusat latihan di IKN. Ia mengatakan niat Jokowi tersebut merupakan kabar baik yang sudah lama dinanti penggemar sepak bola.

"Hari ini kami menghadap Pak Presiden dan kami bahagia karena beliau punya gagasan membangun TC di IKN. Ini yang ditunggu-tunggu oleh publik," pungkasnya.

Tag : #IKN    #olimpiade 2036    #Olahraga    #tuan rumah olimpiade    #fasilitas olahraga   

Baca Juga