parboaboa

Jokowi Sebut Pelantikan Menpora Pekan Depan

Maesa | Sepakbola | 31-03-2023

Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangannya kepada awak media usai meninjau sekaligus meresmikan Taman Kehati Swerigading Wallacea di PT Vale Indonesia, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Kamis, 30 Maret 2023. (Foto: Dok. BPMI Setpres/Muchlis Jr)

PARBOABOA, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa pelantikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu akan dilakukan pekan depan.

Hal ini Presiden Jokowi katakan saat menggapai pertanyaan dari awak media soal sosok pengganti Zainudin Amali.

Diketahui, Zainudin Amali sebelumnya mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menpora usai terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI.

"Minggu depan (pelantikan Menpora)," kata Jokowi dalam pernyataanya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido Kabupaten Bogor Jawa Barat, Jumat (31/3/2023).

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga menyebut bahwa pekan depan juga akan turut melantik Kepala nama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pengganti Komjen Boy Rafli Amar.

Berbeda dengan Zainudin Amali, sebab posisi Boy Rafli Amar diganti karena ia telah memasuki usi pensiun pada 25 Maret 2023.

"Sudah (nama Kepala BNPT). Minggu depan (dilantik)," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan kriteria dari calon Menpora selanjutnya.

"Muda," ungkap Jokowi dalam keterangannya kepada wartawan usai menghadiri acara penghargaan PPKM Award 2023 di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta Pusat, Senin (20/03/2023).

Adapun, terkait nama-nama dari kandidat Menpora itu, Presiden dapatkan dari Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

Ketika ditanyai soal daftar nama-nama calon Menpora tersebut, Jokowi tak menjawab dengan alasan tidak hafal.

“Nama yang masuk ada, enggak hafal. Nanti Pak Ketua Golkar saja,” ucapnya.

Airlangga Hartarto dinyatakan telah menyerahkan 3 nama calon pengganti Zainudin Amali sebagai Menpora kepada Presiden.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus.

"Nah calon Menpora sudah ketua umum kita sudah berikan ke Presiden. Kita tinggal tunggu Presiden milih yang mana dari tiga calon yang diusulkan," ucap Lodewijk dalam keterangannya di kompleks parlemen, Selasa (14/03/2023).

Sementara itu, tiga nama yang dimaskud adalah Ilham Permana, Dito Ariotedjo, dan Puteri Anetta Komaruddin.

Editor: Maesa

Tag: #menpora    #jokowi    #sepakbola    #menteri    #zainudin amali    #pssi   

BACA JUGA

BERITA TERBARU