Jokowi Tegur Pemda terkait Dana APBD Mengendap Hingga Rp 278 T di Bank

Maesa | Nasional | 30-11-2022

Presiden Joko Widodo dalam Rapat Koordinasi Nasional Investasi di Jakarta, Rabu (30/11/2022). (Foto: Twitter/jokowi)

PARBOABOA, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur Pemerintah Daerah (Pemda) terkait dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang masih mengendap di Bank sebanyak Rp278 triliun. Angka ini dianggap lebih besar dari yang sebelumnya.

"Pagi tadi saya tanya ke Bu Menkeu, ada berapa uang kabupaten kota dan provinsi yang ada di bank, yang belum dipakai. Tahun lalu biasanya di bulan-bulan seperti ini paling Rp200 triliun, Rp220 triliun. Pagi tadi kita cek uang yang ada di bank masih Rp278 triliun," kata Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Investasi, di Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Jokowi kemudian meminta kepada pemerintah daerah untuk segera membelanjakan anggaran tersebut, karena seharusnya dana APBD dipergunakan untuk mendukung perputaran uang di dalam negeri.

“Situasi sangat sulit, tetapi malah uangnya didiemin di bank, tidak dibelanjakan. Gede banget Rp278 triliun, ini saya minta segera dibelanjakan," ujarnya.

"Mumpung ada gubernur, bupati, wali kota. Ini saya ingatkan. Kita ini mencari uang dari luar agar masuk lewat investasi. Terjadi perputaran uang yang lebih meningkat. Tetapi uang kita sendiri yang ditransfer Menkeu ke daerah-daerah, justru enggak dipakai,” tuturnya.

Presiden Indonesia menilai, apa yang dilakukan oleh pemda ini sebuah kekeliruan, pasalnya, pemerintah tengah berupaya keras untuk menarik investor ke dalam negeri sehingga arus modal yang masuk pun semakin meningkat. Namun, jika anggaran yang sudah ada justru tidak digunakan secara maksimal, maka tidak akan memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi baik di daerah maupun nasional.

"Ini sudah Desember lho. Hati-hati. Artinya kita pontang-panting cari arus modal masuk, cari capital in flow lewat investasi, tetapi uang yg ada di kantong sendiri tidak diinvestasikan. Hati-hati ini keliru besar," tegas Jokowi.

Tag : #jokowi    #dana apbd    #nasional    #pemda    #presiden    #menkeu    #278 t    #gubernur    #bupati    #walkot   

Baca Juga