Presiden Joko Widodo melantik Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI dan Kepala Badan Pangan Nasional di Istana Negara, Jakarta pada Senin (21/2) (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Jokowi Tunjuk Andi Widjajanto Jadi Gubernur Lemhannas

Sondang | Politik | 21-02-2022

PARBOABOA, Jakarta - Andi Widjajanto bukanlah nama asing di lingkaran presiden Jokowi. Dia pernah menjadi salah satu anggota tim sukses Jokowi dalam Pemilu 2014. Tim itu ditunjuk langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan disetujui oleh Jokowi.

Masukan-masukan Andi berhasil menyukseskan Jokowi hingga terpilih menjadi presiden. Pada Oktober 2014, Jokowi kemudian menunjuk Andi Widjajanto sebagai sekretaris kabinet atau seskab. Namun, posisi itu didudukinya hanya satu tahun.

Kali ini, Andi Widjajanto dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI di Istana Negara, Jakarta pada Senin (21/2). Selain Andi, Jokowi juga melantik Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia Arief Prasetyo Adi sebagai Kepala Badan Pangan Nasional.

Proses pelantikan diawali dengan pengucapan sumpah janji yang dibacakan Jokowi dan diikuti oleh Andi dan Arief. Jokowi bertanya apakah keduanya bersedia untuk mengambil sumpah janji.

"Bersediakah saudara-saudara untuk diambil sumpah janji menurut agama masing-masing?," tanya Jokowi.

"Bersedia," jawab Andi dan Arief.

Acara pelantikan kemudian dilanjut dengan pembacaan isi sumpah janji yang dilakukan Jokowi lalu diulangi oleh keduanya.

"Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," jelasnya.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," sambungnya.

Tak lupa, Jokowi juga mengucapkan selamat kepada Andi dan Arief atas pelantikan keduanya.

Untuk diketahui, Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 21 P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional RI dan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 M Tahun 2022 tentang Pengangkatan Kepala Badan Pangan Nasional.

Selanjutnya, Andi Widjajanto akan menjalankan tugas sebagai Gubernur Lemhanas, menggantikan Agus Widjojo yang saat ini menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Filipina. 

Dalam keterangannya selepas pelantikan, Andi Widjajanto mengatakan bahwa Lemhannas akan melakukan penguatan transformasi guna menyesuaikan tantangan geopolitik abad ke-21.

“Sehingga Lemhannas bisa menjalankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan untuk mencetak kepemimpinan nasional, menjadi dapur kajian strategis bagi Presiden untuk isu-isu lokal, regional, dan global, serta Lemhannas menjalankan fungsinya untuk melakukan pemantapan nilai-nilai kebangsaan,” ujar Andi.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut yakni Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md., Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Sekretaris Utama Lemhannas Komjen Pol. Purwadi Arianto.

Selamat buat Andi Widjajanto telah menjadi Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI.

Tag : #andi widjajanto    #gubernur lemhannas    #politik   

Baca Juga