parboaboa

Jokowi Yakin Jalan Tol ke IKN Rampung Akhir 2024

Maesa | Nasional | 23-02-2023

Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek pembangunan Jalan Tol IKN Segmen 3B, Ruas Kariangau - Sp. Tempadung, Provinsi Kalimantan Timur, pada Rabu, (22/02/2023). (Foto: BPMI Setpres)

PARBOABOA, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini jika pembangunan jalan tol menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) akan rampung pada akhir tahun 2024.

“Ini akan diselesaikan insyaallah di 2024 akhir, selesai,” kata Jokowi usai meninjau proyek Jalan Tol IKN, Segmen 3B, Ruas KKT Kariangau – Sp. Tempadung, Kota Balikpapan, Rabu (22/02/2023).

Kemudian, Presiden Jokowi juga mengungkapkan jika pembangunan jalan tol sepanjang 47 KM tersebut akan mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari Balikpapan menuju kawasan inti IKN menjadi hanya 30 menit.

“Ini jalan tol dari Balikpapan menuju ke kawasan inti yang jaraknya kurang lebih 40-an kilo ditempuh kurang lebih 30 menit dari Balikpapan,” tutur Jokowi.

Sementara itu, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga menjelaskan bahwa jalan tol yang menghubungkan Balikpapan dengan kawasan inti IKN direncanakan akan dibangun sepanjang 47 KM dan akan dilengkapi dengan terowongan bawah laut.

“Rencana awal, kita akan membangun sepanjang 47 km dengan ada immersed tunnel (terowongan bawah laut) sepanjang kurang lebih 1,5 km,” jelas Danis.

Danis pun berharap proyek pembangunan jalan tol IKN ini dapat berjalan dengan baik dan selesai sesuai target yang telah ditentukan oleh presiden.

Di sisi lain, ia juga berharap dukungan dari masyarakat sekitar untuk pembangunan jalan tol tersebut.

“Sehingga cita-cita kita membangun IKN mengawalinya dengan akses yang baik dapat terlaksana,” pungkas Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN.

Editor: Maesa

Tag: #jokowi    #jalan tol ikn    #nasional    #balikpapan    #ibu kota nusantara    #terowongan bawah laut    #proyek jalan tol   

BACA JUGA

BERITA TERBARU