Jovan Zachary Winarno, pemuda asal Surabaya yang jadi prajurit AS.

Jovan Winarno, Pemuda Asal Surabaya Yang Menjadi Tentara US Navy Amerika Serikat

maraden | | 07-08-2021

PARBOABOA – Jovan Zachary Winarno, pemuda asal Surabaya usia 20 tahun ini menarik perhatian warganet bekangan ini. Pasalnya Jovan diterima menjadi tentara angkatan laut Amerika Serikat atau US NAVY.

Berawal dari keinginan untuk melanjutkan kuliah di Amerika Serikat, pemuda asal Surabaya, Jovan Zachary Winarno kini malah menjadi tentara angkatan laut di negeri Paman Sam itu.

Jovan yang lahir di Amerika Serikat otomatis mengantongi kewarganegaraan AS. Namun, saat baru berusia enam bulan ia diboyong orangtuanya pindah ke Indonesia.

Jovan mengaku awalnya tidak berniat untuk menjadi tentara, apalagi tentara Amerika Serikat.

Saat selesai pendidikan menengah di Surabaya, Jovan kembali ke negeri kelahirannya Amerrika Serikat dengan niat melanjutkan pendidikannya.

Jovan pun kembali ke Los Angeles, California. Disana dia mendapatkan informasi bila menjadi tentara Amerika Serikat bisa memiliki banyak keuntungan di hidupnya.

Jovan mendaftarkan dirinya ke pangkalan Tentara Angkatan Laut Amerika serrika dan diterima. Dia pun kini tergabung dalam tim teknisi kapal Angkatan Laut AS. Ia bertugas melakukan pemeriksaan rutin dan perawatan mesin kapal angkatan laut. Ia bekerja tiga kali dalam seminggu mulai pukul 7 pagi hingga 4 sore.

Jovan membeberkan seorang tentara AS dalam setahun bisa memiliki penghasilan mencapai 575-718 juta rupiah, itu pulalah yang menjadi salah satu motivasi Jovan masuk sebagai tentara di negri Paman Sam itu.

Dalam unggghan video-videonya di Youtube, Jovan kerapkali berbagi pengalamnya menjadai tentara di negar adidaya tersebut.

Jova mengaku saat menginjakkan kaki di AS tahun 2018, dirinya tidak mahir berbahasa Inggris.

Jovan mulai belajar sedikit-sedikit bahasa Inggris sat sudah tinggal di Amerika.

“Dibilang lancar, juga enggak. Ya, lumayanlah,” ujar Jovan dengan logat Jawanya yang kental di slah satu video youtubenya. 

Sejak bergabung dengan tentara AL dua tahun yang lalu, Jovan yang kini berpangkat E4 (tamtama) dan sudah melakukan pelayaran ke banyak negara.

Tag : #tokoh    #internasional    #daerah   

Baca Juga