Jumlah pemain bola voli dalam satu grup adalah hal yang wajib kamu ketahui sebelum bertanding (Sportskeeda)

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Grup Lengkap dengan Posisi dan Perannya

Andre | Olahraga | 07-05-2022

PARBOABOA - Berdasarkan aturan Federation Internationale de Volleyball (FIVB), jumlah pemain bola voli dalam satu regu adalah minimal 10 orang dan maksimal 12 orang, sudah termasuk 6 anggota di lapangan dan sisanya berada di bangku cadangan.

Sebagai informasi, permainan bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup populer di dunia. Permainan ini dilakukan dengan menghadapkan dua tim yang dipisahkan oleh sebuah net.

Di Indonesia, perkembangan permainan bola voli terbilang cukup pesat, terlebih saat tim voli putra Indonesia berhasil menorehkan medali emas pada ajang SEA Games 2019.

Olahraga ini juga memiliki karakter pemersatu, karena dimainkan secara berkelompok. Maka dari itu, tak heran apabila olahraga bola voli digemari oleh berbagai kalangan.

Terlepas dari itu, jumlah pemain bola voli dalam satu regu adalah hal yang wajib untuk diketahui sebelum memainkannya.

Para pemain juga memiliki posisi-posisi tertentu, sehingga tidak diperbolehkan untuk melebihi jumlah yang sudah ditetapkan. Untuk itu, berikut telah Parboaboa rangkum jumlah pemain bola voli lengkap dengan posisi dan peranannya masing-masing dalam sebuah tim.

Jumlah Pemain Bola Voli

Secara umum, jumlah pemain bola voli dalam satu grup dikatakan sah jika terdiri atas enam pemain utama dan empat pemain cadangan. Jadi, terdapat total 10 pemain.

Hanya saja, berdasarkan peraturan terbaru FIVB pada tahun 2017-2020, satu grup bola voli dapat terdiri hingga 12 orang.

Meskipun terdiri dari 12 orang, tetap saja yang berada di lapangan minimal 4 orang dan maksimal 6 orang.

Posisi dan Tugas Pemain Bola Voli

Untuk setiap pemain voli yang turun ke lapangan ataupun di bangku cadangan, mereka telah memiliki posisi dan spesialisasi tersendiri dalam tim.

Tiap pemain memiliki tugas dan peran yang berbeda-beda. Jumlah pemain bola voli yang ada di lapangan adalah 6 orang dan umumnya terdiri dari satu orang tosser, dua orang blocker, dua orang defender dan satu orang universal player.

Sementara itu, untuk spesialisasi terbagi atas dua pola, yakni spesialisasi posisi dan spesialisasi fungsi. Untuk lebih lengkap, simak penjelasannya berikut ini.

1. Server

Tugas seorang server adalah melakukan servis atau pukulan yang menandakan bahwa permainan telah di mulai.

Tugas service dilakoni secara bergilir oleh para pemain. Rotasinya dilakukan searah jarum jam.

Pada saat melakukan servis, pemain boleh bergerak bebas dan menempati posisi awalnya di lapangan.

Lihat Juga: Panjang dan Lebar Lapangan Bola Voli

2. Setter atau Tosser

Pemain yang bertugas mengolah bola untuk para penyerang dalam bola voli disebut Setter atau Tosser.

Dibutuhkan sinergi yang kuat antara Tosser dengan Smasher untuk menciptakan serangan yang mematikan.

Untuk masalah mencetak skor, Tosser memegang peran penting karena kesuksesan suatu regu dipengaruhi oleh kualitas umpanan yang disajikan kepada para pemukul.

3. Smasher atau Spiker

Smasher bertugas untuk memukul bola agar jatuh di daerah pertahanan lawan dengan cepat.

Smasher harus bisa memanfaatkan bola-bola umpan cepat dari seorang Tosser untuk menghasilkan serangan yang mengejutkan dengan berbagai variasi.

Pemain yang memegang peran ini harus memiliki postur tubuh yang bagus, kuat, dan mental yang besar. Ia juga harus memiliki kemampuan blok yang bagus, kecepatan, dan lompatan yang tinggi.

4. Libero

Jumlah pemain bola voli tak berpengaruh jika tak ada pemain yang memegang posisi ini. Mengapa demikian? Karena libero merupakan pemain bertahan yang dimaksudkan untuk kualitas pertahanan tim.

Ia harus mampu menerima servis cepat musuh dan smash yang jatuh ke titik rawan area pertahanan tim.

Oleh karena itu, pemain yang memiliki peran ini diwajibkan untuk memiliki kekuatan, kecepatan, dan refleksi yang bagus.

5. Blocker

Blocker adalah pemain yang berada di lini terdepan dan bertugas untuk membendung berbagai serangan lawan.

Peran ini biasanya dilakukan oleh 1 hingga 3 orang agar serangan bola yang keras dapat dihalau kembali ke daerah musuh.

Blocker biasanya merupakan atlet tertinggi di dalam tim karena mereka perlu membaca serangan lawan dan memprediksi ke arah mana bola ditargetkan musuh.

6. Universal Player (Serba Bisa)

Posisi pemain bola voli Universal Player merupakan istilah yang digunakan untuk para pemain yang memiliki fungsi serba guna. Pemain dengan kemampuan seperti ini dapat diletakkan di lini terdepan ataupun belakang.

Pemain yang memiliki peran ini harus menguasai seluruh teknik dasar dari permainan bola voli seperti smash, block, passing, dan mengumpan.

Demikian informasi mengenai jumlah pemain bola voli lengkap dengan posisi dan tugasnya dalam tim. Gimana nih sobat Parboaboa, kira-kira peran apa yang cocok denganmu?

Tag : #voli    #jumlah pemain    #olahraga    #posisi    #peran    #pemain bola voli   

Baca Juga