Jurusan Kuliah Anak IPS (Dok:Parboaboa/EsterM)

10 Jurusan Kuliah Anak IPS Yang Menjanjikan Pekerjaan

Ester | Pendidikan | 21-04-2022

PARBOABOA – Memasuki masa SBMPTN, pastinya kamu harus mengetahui jurusan kuliah apa yang akan kamu ambil di perkuliahan nantinya. Hal itu dikarenakan, memilih jurusan kuliah bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Ada banyak faktor yang harus dipikirkan sebelum memilih jurusan kuliah yang tepat nantinya. Beberapa faktor itu antara lain, minat dan bakat kamu, prospek kerja, peminat jurusan di sebuah Universitas, dan yang lainnya.

Jika kamu adalah siswa kelas 12 dengan jurusan IPS atau para alumni (gapyear) yang ingin mengambil jurusan IPS di perkuliahan nanti, Parboaboa telah merangkum 10 jurusan kuliah IPS yang menjanjikan pekerjaan.

Jurusan di bawah ini dapat menjadi referensi kamu untuk memilih jurusan kuliah mana yang akan kamu ambil nantinya. Jadi, peluang kamu untuk salah jurusan akan semakin kecil.

Apa sajakah jurusan IPS yang menjanjikan pekerjaan tersebut? Simak ulasan di bawah ini sampai habis.

1. Ilmu Komunikasi

Jurusan kuliah IPS yang pertama adalah ilmu komunikasi. Meskipun namanya ilmu komunikasi, di dalamnya kamu akan belajar banyak hal seperti public speaking, menulis berita, desain, iklan, bahkan film pun akan kamu pelajari di dalam jurusan ini.

Jika kamu lebih condong atau menyukai pelajaran sosiologi, maka jurusan kuliah yang satu ini bisa menjadi andalan kamu.

2. Hubungan Internasional

Salah satu jurusan kuliah IPS yang menjanjikan pekerjaan adalah Hubungan internasional. Jurusan ini hampir digunakan pada semua perusahaan besar maupun kecil. Tidak hanya di perusahaan saja, HI juga selalu diandalkan dalam hubungan pemerintahan, hukum internasional dan beberapa pekerjaan taraf internasional lainnya.

Jurusan ini akan sangat cocok untuk kamu yang menyukai pelajaran PPKN dan sastra asing seperti Bahasa Inggris dan lainnya.

3. Psikologi

Jika membahas jurusan kuliah IPS yang menjanjikan pekerjaan, Psikologi adalah salah satu jawaban yang tepat. Jurusan ini sangat dipakai dibidang pekerjaan mana saja. Di dalam jurusan Psikologi, kamu akan mempelajari seputar mental, pikiran dan perilaku manusia.

Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai pelajaran Sosiologi.

4. Administrasi

Administrasi adalah salah satu jurusan anak IPS yang banyak sekali diminati. Hal itu dikarenakan, jurusan ini memiliki prospek kerja yang sangat luas. Hampir semua lulusan jurusan administrasi digunakan pada perusahaan besar maupun kecil.

Kamu dapat mengandalkan jurusan administrasi jika kamu menyukai pelajaran TIK.

5. Ekonomi

Jurusan ekonomi adalah salah satu jurusan yang identik dengan anak IPS. Di beberapa Universitas, jurusan ekonomi terkadang dibagi menjadi beberapa jurusan berbeda seperti ekonomi pembangunan dan ekonomi pemerintahan. Kedua jurusan ini memiliki pembelajaran yang sedikit berbeda.

Jika kamu adalah siswa yang menyukai pelajaran ekonomi atau matematika, jurusan ekonomi akan sangat cocok untuk kamu pilih.

6. Akuntansi

Jurusan kuliah IPS selanjutnya adalah akuntansi. Jurusan ini mempelajari tentang prinsip akuntansi, keuangan, anggaran, pajak dan lainnya. Jurusan ini juga sangat sering dicari dan dipakai oleh banyak perusahaan besar dan kecil.

Untuk kamu yang menyukai pelajaran matematika dan akuntansi, maka jurusan ini sangat cocok untuk kamu pilih.

7. Perpajakan

Mirip dengan akuntasi, perpajakan adalah salah satu jurusan kuliah anak IPS yang menjanjikan pekerjaan yang layak. Hampir semua lulusan perpajakan dipakai oleh perusahaan yang ada di Indonesia. Di dalam jurusan ini kamu akan mempelajari tentang hukum, ekonomi dan akuntasi.

Jika kamu adalah orang yang menyukai pelajaran matematika dan ekonomi, maka jurusan yang satu ini cocok untuk kamu pilih.

8. Manajemen

Jurusan manajemen memiliki beberapa jenis yang dapat kamu sesuaikan dengan minat dan bakat kamu. Beberapa jenis dari jurusan manajemen adalah manejemen, manajemen perbankan, manajemen perhotelan dan lainnya.

Umumnya, jurusan manajemen akan sangat cocok untuk kamu yang menyukai pelajaran matematika, akuntasi, dan ekonomi

9. Kriminologi

Kriminologi adalah salah satu jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan. Mengapa demikian? Jurusan ini masih cukup jarang ada di Indonesia dan banyak orang belum mengetahuinya. Namun jurusan ini sangat dipakai sebagai intelijen staf, detektif dan sebagainya.

Jika kamu menyukai pelajaran sosiologi, maka kamu cocok untuk masuk ke dalam jurusan kriminologi ini.

10. Hukum

Jika membahas jurusan kuliah anak IPS, kurang lengkap jika kita tidak membahas jurusan hukum. Jurusan hukum adalah sebuah jurusan yang akan mempelajari ilmu hukum, baik teori maupun prakteknya. Jurusan ini sangat diminati banyak orang dari tahun ke tahun.

Jurusan ini akan sangat cocok untuk kamu yang menyukai mata pelajaran PPKN.

Demikianlah 10 jurusan anak IPS yang bisa menjadi referensi kamu dalam memilih jurusan kuliah nanti. Semoga ulasan kami dapat membantu dan selamat membaca!

Tag : #jurusan kuliah ips    #jurusan kuliah    #pendidikan    #kuliah    #ips    #soshum    #universitas   

Baca Juga